aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ria Irawan Sempat Menyebut Kanker yang Dideritanya Akibat Diet Tak Sesuai Aturan

Tuesday, 7 January 2020 06:00:23 WIB | Redaksi
Ria Irawan Sempat Menyebut Kanker yang Dideritanya Akibat Diet Tak Sesuai Aturan
Ria Irawan meninggal dunia pada Senin (6/1) di RSCM Jakarta. (Dok tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Ria Irawan meninggal dunia pada Senin (6/1) di RSCM Jakarta. Ia meninggal karena menderita penyakit kanker getah bening. 

Ria Irawan sempat menyebut kanker getah bening yang bersarang di tubuhnya diduga karena faktor genetik dan diet yang tidak sesuai aturan. Sayang, Ria tidak menjelaskan apakah ada nenek atau buyutnya yang terkena kanker. Ia lebih tertarik membahas diet salah kaprah yang pernah ia terapkan. 

Sebagai artis, Ria dituntut untuk menjaga penampilan. Di sisi lain, ia pemburu kuliner lezat. Maka, badan Ria sempat gemuk. Saat gemuk itulah, Ria dirundung dan terbebani kalimat seperti “artis, kok gendut” atau “artis, kok tidak bisa jaga penampilan.” “Ada yang bilang, artis, kok gembrot. Komentar-komentar sinis seperti itu yang membuat saya stres dan memutuskan diet ketat,” terang Ria Irawan dalam wawancara dengan tabloid Bintang Indonesia pada 2014 lalu. 

Ria Irawan (Dok tabloidbintang.com)
Ria Irawan (Dok tabloidbintang.com)

Diet asal-asalan dan tidak di bawah pengawasan ahli gizi, hasilnya nihil. Merasa gagal, Ria diet makin ekstrem, tanpa diimbangi dengan asupan gizi yang tepat. “Rupanya diet yang tidak teratur dan tidak sesuai aturan membuat hormon tubuh saya tidak benar. Hormon tersebut juga mulai mengganggu siklus haid saya. Dari sinilah awal mula penyakit itu datang,” urainya sedih. 

Kondisi jam kerja yang tidak mengenal waktu memperburuk kondisi kesehatan Ria. “Saran saya, jika mau diet, harus benar dan teratur. Ada baiknya di bawah pengawasan ahli gizi,” Ria menganjurkan. 

Dari pengalamannya, ia bisa menyimpulkan, kesehatan yang utama dibanding yang lain.  “Buat apa tubuh langsing jika tidak sehat. Dan jangan pernah terganggu penilaian orang terhadap penampilan Anda,” Ria kembali memberi nasihat bijak. Kini Ria tidak menghiraukan berat badannya dan penilaian orang lain terhadap penampilannya. “Sehat itu segala-galanya. Terserah orang mau bilang kepada saya, menderita kanker, kok gendut. Saya tidak peduli. Yang terpenting saya sehat,” tukas Ria Irawan.

Komentar