aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Vaksinasi Influenza, Cara Hindari Gangguan Influenza Selama Musim Liburan

Saturday, 28 December 2019 05:00:31 WIB | Redaksi
Vaksinasi Influenza, Cara Hindari Gangguan Influenza Selama Musim Liburan
Kerja sama adalah kunci untuk menumpas penyakit mematikan influenza dari muka bumi (WWCOMM)

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak tahun lalu 1 November telah disepakati sebagai World Flu Day (WFD) atau Hari Flu Sedunia. Momentum ini dimanfaatkan para ahli kesehatan untuk mendorong kerja sama global dalam pencegahan dan pengendalian wabah influenza di tahun 2019.

WFD memiliki empat tujuan yaitu memperingati 100 tahun pandemik influenza di dunia, meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai risiko influenza; mempercepat inovasi ilmiah dan upaya riset dalam mengatasi berbagai tantangan influenza, khususnya pengembangan vaksin flu universal, serta mendorong terciptanya global political will yang lebih kuat dalam mendukung pencegahan dan pengendalian influenza. 

Influenza adalah penyakit saluran napas akut yang mudah menular dan virusnya telah menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia. Data World Health Organization (WHO) menunjukkan bahwa sekitar 5 hingga 10 persen orang dewasa dan 20 hingga 30 persen anak-anak terkena influenza setiap tahunnya, serta sekitar 290.000 hingga 650.000 orang meninggal dunia karena influenza. 

Ditemui di acara Media Briefing World Flu Day 2019 yang diadakan oleh Sanofi Pasteur Indonesia, Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), Prof. dr. Cissy B. Kartasasmita, SpA(K), PhD., menekankan pentingnya peran berbagai pihak di seluruh dunia dalam mengatasi epidemi influenza. Selain gaya hidup sehat, WHO juga merekomendasikan vaksinasi influenza tahunan sebagai cara paling efektif untuk mencegah influenza.

“Influenza adalah penyakit menular yang paling umum diderita para pelancong mancanegara dan bisa dicegah dengan vaksin. Vaksinasi influenza merupakan cara yang efektif untuk mencegah infeksi virus influenza,” kata dr. Cissy, dalam rilis yang kami terima.

Risiko penyebaran virus influenza terjadi saat seseorang mulai melakukan perjalanan, baik melalui udara, kapal laut, atau darat / kereta api.

Oleh karena itu, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM., Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, menekankan pentingnya vaksinasi influenza tahunan. “Secara medis, respons imunitas tubuh terhadap vaksinasi menurun seiring waktu, sehingga vaksinasi influenza dilakukan setahun sekali untuk proteksi yang lebih optimal."

Di kesempatan yang sama, dr. Jefri H Sitorus, M.Kes, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok Jakarta juga mengingatkan bahwa para pelancong memiliki potensi terpapar virus flu sepanjang tahun.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah virus influenza yang terus menerus berubah dan beradaptasi. dr. Dhani Arifandi, Head of Medical Sanofi Pasteur Indonesia menyebut bahwa virus flu bisa disebut ‘virus pintar’ karena bisa berubah setiap tahun untuk menyerang sistem kekebalan Anda.

Komentar