aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

6 Gerakan Peregangan Tubuh setelah Duduk Seharian

Friday, 13 December 2019 23:59:23 WIB | Yuriantin
6 Gerakan Peregangan Tubuh setelah Duduk Seharian
Kebiasan duduk seharian rentan membuat otot tubuh kaku dan aliran darah tak lancar. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Kebiasan duduk seharian rentan membuat otot tubuh kaku dan aliran darah tak lancar. Akibatnya, terkadang beberapa bagian tubuh mengalami kesemutan. Bagi Anda yang kurang aktif bergerak atau terlalu lama duduk menghadap komputer, cobalah beberapa gerakan peregangan berikut.

Supported backbend

Gerakan ini akan memperbaiki postur dan menunjang otot tubuh di sekitar tulang belakang. Cara melakukannya, berdiri dengan jarak 30 cm membelakangi dinding. Tekuk kedua tangan ke belakang, posisi telapak tangan terbalik dan menyentuh dinding. Saat yang sama, tekuk tubuh Anda ke belakang dengan pandangan mata menghadap ke atas. Turunkan kedua telapak tangan secara perlahan hingga otot tubuh terasa tertarik. Anda boleh melangkah sedikit ke depan sembari menekuk kedua tangan ke belakang. Tahan posisi ini selama 30 detik.

Shoulder opener

Ketika duduk, posisi bahu cenderung menutup dan menekan otot dada. Shoulder opener akan membuat otot-otot ini relaks. Awali dengan berdiri tegap sembari menggenggam handuk atau tali di belakang tubuh. Angkat kedua tangan setinggi mungkin namun jangan sampai menimbulkan rasa tak nyaman. Dekatkan kedua tangan sembari mengangkat handuk. Tahan posisi ini selama 30 detik.

Star reach

Lenturkan otot tubuh bahu, dada, punggung sampai kaki dengan gerakan satu ini. Mulailah dengan berdiri, buka kedua kaki lebih lebar daripada pinggul. Rentangkan kedua tangan ke atas. Posisikan telapak tangan menghadap ke depan dan buka jari-jari tangan. Jinjit dan rasakan peregangan pada otot tubuh. Tahan posisi ini selama 30 detik.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Number 4 sit

Otot kecil di sekitar bokong tegang ketika duduk terlalu lama. Atasi dengan gerakan duduk number 4 sit. Cara melakukannya, duduk dan posisikan pergelangan kaki kanan di atas paha kaki kiri. Letakkan telapak tangan kanan di atas lutut bagian dalam kaki kanan untuk memberi sedikit tekanan. Dorong tubuh ke depan secara perlahan sampai otot di sekitar bokong terasa seperti tertarik. Tahan posisi ini selama 30 detik. Ganti kaki dan ulangi gerakan yang sama.

Seated spinal twist

Pegal pada punggung bagian bawah bisa dikurangi dengan gerakan satu ini. Awali dengan duduk bersila. Kemudian, silangkan kaki kanan di atas kaki kiri. Posisikan telapak kaki kanan menyentuh lantai dan bagian belakang telapak kaki sejajar lutut kiri. Letakkan telapak tangan kanan di belakang bokong sebelah kanan, siku tangan kiri sedikit menekan lutut kanan ke arah kiri tubuh. Hadapkan kepala ke arah bahu kanan. Tahan posisi ini hingga 5 tarikan napas. Ganti kaki dan ulangi gerakan yang sama.

Stretching side bend

Selain memperbaiki postur, gerakan ini juga melenturkan otot di sekitar tulang rusuk. Mulailah dengan berdiri tegap, rapatkan kaki. Rentangkan kedua tangan ke atas. Lalu, turunkan lengan kanan dan letakkan di sisi tubuh. Condongkan tubuh ke arah kanan secara perlahan. Tahan posisi ini selama 5 detik dan kembali ke posisi semula. Ganti tangan dan ulangi gerakan yang sama.

(yuri)

Komentar