aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Sering Tidur Lebih dari 8 Jam? Ini Dampak Buruknya Terhadap Tubuh

Saturday, 7 December 2019 04:00:23 WIB | Yuriantin
Sering Tidur Lebih dari 8 Jam? Ini Dampak Buruknya Terhadap Tubuh
Yang tergolong tidur terlalu panjang adalah tidur lebih dari 8 jam. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Anda terlalu lelah dan memutuskan untuk berdiam dan tidur sepanjang hari selama long weekend ini? Sebaiknya, Anda memikirkan kembali rencana tersebut, karena faktanya tidur yang terlalu panjang bisa menyebabkan timbulnya penyakit.

Yang tergolong tidur terlalu panjang adalah tidur lebih dari 8 jam. Efek dari kebiasaan tersebut sama buruknya dengan kekurangan waktu tidur.

Efek buruk tersebut bisa saja hanya bersifat ringan seperti perubahan mood atau penambahan berat badan. Para ahli menemukan kaitan antara depresi dan obesitas dengan waktu tidur yang panjang. Penyebabnya, tidur yang terlalu panjang membuat Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga, alhasil semakin sedikit kalori yang dibakar tubuh.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Waktu tidur yang terlalu lama, juga bisa menyebabkan otak 2 tahun lebih tua, yang berakibat pada kesulitan untuk berkonsentrasi. Beberapa penyakit seperti jantung dan diabetes merupakan efek lain yang mengintai Anda yang terbiasa tidur lebih dari 8 jam.

Risiko terkena penyakit jantung akan meningkat sebesar 34 persen jika Anda terbiasa tidur dalam waktu yang lama. Di sisi lain, kebiasaan tersebut bisa memicu peningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, yang berdampak pada peningkatan risiko diabetes, seperti dilansir laman Prevention.

Risiko lainnya dari kebiasaan tidur tersebut adalah peningkatan risiko meninggal prematur. Meskipun belum diketahui secara pasti, namun peradangan pada tubuh diyakini sebagai penyebabnya. Selain itu, jika Anda mengalami diabetes dan penyakit jantung, angka harapan hidup Anda tentunya akan berkurang.

Komentar