aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Waspadai Gejala Kanker Nasofaring Akibat Pilek yang Tak Kunjung Sembuh

Monday, 2 December 2019 21:00:23 WIB | aura.co.id
Waspadai Gejala Kanker Nasofaring Akibat Pilek yang Tak Kunjung Sembuh
Ilustrasi (Dok. Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Pilek menahun yang tak kunjung sembuh dan terkadang disertai darah adalah salah satu gejala kanker nasofaring, kanker yang menyerang bagian belakang hidung dan mulut. Terkadang banyak orang yang menganggap gejala tersebut sebagai gejala sinusitis.

"Keluhan pasien biasanya gejalanya seperti sinusitis, atau pendengaran rasanya tertutup seperti ketika baru turun dari pesawat, dan penglihatan ganda," ujar spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan - Kepala, Leher, Dr. dr. Cita Herawati, SpTHT-KL.

Menurutnya, gejala lain yang patut diwaspadai adalah timbulnya benjolan di leher. Ia mengatakan 90% kemungkinan penyebab benjolan tersebut adalah adanya masalah di nasofaring. Jadi ia menyarankan untuk segera memeriksakan kondisi nasofaring ke dokter.

"Apabila timbul benjolan di leher, sebaiknya segera periksakan kondisi nasofaring. Jangan melakukan pembedahan terhadap benjolan tersebut karena dapat menyebabkan penyebaran sel kanker," kata Dr. dr. Cita Herawati, SpTHT-KL.

Kanker nasofaring adalah kanker yang tumbuh di area tersembunyi bagian belakang hidung dan mulut (nasofaring). Saat ini, jumlah pengidap kanker nasofaring menduduki posisi keempat di Indonesia, setelah kanker leher rahim, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

(yuri/wida)

Komentar