aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mengalami Gejala Autoimun, Ashanty Kisahkan Awal Mulanya

Monday, 25 November 2019 08:00:28 WIB | Yuriantin
Mengalami Gejala Autoimun, Ashanty Kisahkan Awal Mulanya
Ashanty (Seno Susanto / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Beberapa hari yang lalu, Ashanty menjalani rawat inap. Sekujur tubuh ibu 4 anak ini sempat dipenuhi bentol-bentol. Lewat video di channel YouTube The Hermansyah A6, Ashanty menjawab berbagai pertanyaan netizen soal kondisi kesehatannya.

Ashanty mengatakan dirinya didiagnosis menderita gejala autoimun sejak beberapa bulan lalu. Kala itu sekitar 3 bulan, ia tengah menemani sang suami, Anang Hermansyah untuk melakukan DSA (Digital Subtraction Angiography).

"Di DSA itu harusnya mas Anang doang yang tadinya aku anter. Karena aku pikir aku masih muda, kamu tuh yang duluan deh gitu, takutnya kamu pasti banyak penyakit. Akhirnya kata dokternya, coba sekalian aja berdua. Karena sekarang penyakit itu enggak kenal usia. Jadi akhirnya, aku beranin diri juga buat cek," ujar wanita yang pernah mengidap gejala meningitis ini.

Sebelum menjalani DSA biasanya dilakukan berbagai pemeriksaan. Hasil pemeriksaan keluar, dokter mengizinkan Anang melakukan DSA. Sedangkan dokter tak mengizinkan Ashanty menjalani DSA.

"Aku ternyata tidak boleh karena dokter mendiagnosa ada gejala autoimun. Akhirnya aku dibatalin buat DSA dan aku ada pengambilan darah banyak banget yang hasilnya 5 hari setelah itu dan keluar dari RSPAD bahwa aku kena gejala autoimun yaitu inflamasi di usus," ungkap Ashanty.

Saat ditanya seputar gejalanya, Ashanty mengaku tak bisa menjawabnya.

"Karena jujur kalau aku enggak pernah mau cek ke RSPAD untuk mau DSA, aku enggak pernah tahu aku kena autoimun. Karena aku enggak ngerasa sakit, aku juga enggak ada rasa yang kayak orang lagi sakit. Tapi memang dokter Terawan itu menurut aku luar biasa. Karena tanpa dia, cuma ngecek yang buat DSA itu, dia tahu bahwa aku susah banget. Aku pikir aku insomnia ternyata aku susah tidur karena ada gejala itu." sambungnya.

Ashanty juga menambahkan ia gampang moody, mood swing, berpikir terlalu keras dan suka mudah lupa beberapa saat. "Kayak gitu-gitu itu hal yang ternyata bukan sesuatu yang tiba-tiba datang, tenryata itu memang ada gangguan dari saraf," imbuhnya.

(yuri / ray)

Komentar