aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Dukungan Keluarga, Kunci Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Wednesday, 20 November 2019 23:59:05 WIB | Redaksi
Dukungan Keluarga, Kunci Sehat Bagi Penyandang Diabetes
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Istilah diabetes sepertinya sudah begitu akrab di telinga kita. Adapun satu dari dua orang penyandang diabetes ternyata tidak terdiagnosis sejak awal. Bahkan, berdasarkan catatan The International Diabetes Federation (IDF) pada 2017, Indonesia berada pada posisi ke-6 di dunia yang memiliki sekitar 10,3 juta penyandang diabetes dalam rentang usia 20 – 79 tahun! 

Terkait dengan prevalensi diabetes di Indonesia, data Riskesdas Litbangkes 2018 dan Konsensus PERKENI 2015, menyebutkan bahwa di Indonesia sebanyak 75% dari total penyandang diabetes belum menyadari dirinya menyandang diabetes. Sementara itu, dari 25% penyandang diabetes yang sudah menyadari, hanya 17% yang menjalani terapi diabetes. Tak heran bila semakin banyak penyandang diabetes yang mengalami komplikasi sebagai akibat dari risiko diabetes.

Fakta lain, data Riset Kesehatan Dasar Dasar (Riskesdas) di Indonesia menunjukkan peningkatan angka prevalensi diabetes yang cukup signifikan, yaitu dari 6,9% di tahun 2013 menjadi 8,5% di tahun 2018. Alhasil, estimasi jumlah penyandang diabetes di Indonesia mencapai lebih dari 16 juta orang yang kemudian berisiko terkena penyakit lain. Sebut saja di antaranya, serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal bahkan kelumpuhan dan kematian. 

Setiap 14 November kita memperingati Hari Diabetes Sedunia. Adapun tema Hari Diabetes Sedunia tahun ini adalah Keluarga dan Diabetes. Tujuan utama kampanye Hari Diabetes Sedunia 2019 adalah meningkatkan edukasi dan kesadaran akan dampak diabetes, menggaungkan peran penting keluarga dalam pengelolaan dan perawatan diabetes, termasuk membantu mencegah terjadinya risiko komplikasi akibat diabetes. 

Diabetes merupakan suatu kondisi kronis yang membutuhkan perawatan seumur hidup. Perlu upaya manajemen diri yang baik, hingga perubahan gaya hidup. Dalam hal ini, orang tua, pasangan, dan anggota keluarga lainnya atau teman memiliki peran yang bisa memberikan dampak positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan psikologis penyandang diabetes.

Terkait dengan kampanye Keluarga dan Diabetes, Diabetasol secara aktif melakukan kampanye Lawan Diabetes Bersama Dia. "Bersama Dia mengandung makna mengajak semua pihak terkait diabetes untuk melakukan kontribusi bersama melawan diabetes, mulai dari keluarga, teman, tenaga medis, dan kami sebagai total solusi nutrisi diabetes yang selalu menemani penyandang diabetes mengatur pola makan sehat,” papar Kiki Maria Sembiring, selaku Group Business Unit Head of Special Needs Nutrition Kalbe Nutritionals, dalam rilis yang kami terima.

Diabetasol mendukung pelaksanaan Hari Diabetes Sedunia yang memiliki fungsi utama sebagai kampanye untuk menyadarkan masyarakat akan dampak diabetes bagi keluarga dan mempromosikan peran keluarga dalam pengelolaan, perawatan dan edukasi mengenai diabetes.

Diabetasol sejak diluncurkan pada 1996 berperan sebagai total solusi nutrisi bagi penyandang diabetes untuk membantu mereka mengatur pola makan harian.
 

Komentar