aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kegemukan Picu Siklus Haid Tidak Teratur, Ini Penyebabnya

Thursday, 7 November 2019 05:00:23 WIB | aura.co.id
Kegemukan Picu Siklus Haid Tidak Teratur, Ini Penyebabnya
Siklus haid yang tidak teratur bisa disebabkan oleh berat badan yang berlebih. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Tahukah Anda bahwa siklus haid yang tidak teratur bisa disebabkan oleh berat badan yang berlebih. Gejala tersebut seringkali dialami perempuan muda yang berpotensi kegemukan.

Selain kelebihan berat badan, risiko lainnya adalah pengembangan diabetes 2, penyakit jantung, hingga kanker.

Biasanya, siklus menstruasi terjadi pada rata-rata 28 hari dengan siklus selama 24 hingga 34 hari dengan periode yang berlangsung selama sekitar 4 hingga 6 hari. Memang, semua wanita bisa mengalami siklus haid teratur dan tidak teratur.

Namun, bagaimana berat badan mempengaruhi siklus haid Anda? Perlu diketahui, berat badan memang sangat mempengaruhi kesehatan reproduksi, termasuk siklus menstruasi Anda.

Berikut adalah alasan mengapa kelebihan berat badan memicu siklus haid yang tidak teratur, seperti dilansir laman Boldsky:

Berat badan mempengaruhi hormon dalam tubuh
Perubahan signifikan dalam berat badan dan obesitas menyebabkan menstruasi yang tidak teratur. Kelebihan berat badan menghambat siklus menstruasi. Haid yang tidak teratur bisa memicu tubuh untuk meningkatkan resistensi insulin karena berat badan. Ketika ada kelebihan insulin dalam aliran darah Anda, produksi hormon akan mempengaruhi keteraturan siklus haid wanita.

Gangguan hormonal 
Wanita dengan berat badan dan menstruasi yang tidak teratur akan mengalami Polycystic Ovarian Syndrom (PCOS) karena efek dari ketidakseimbangan hormon dalam tubuh mereka. Penyakit endokrin seperti PCOS dan Amenorea adalah beberapa penyebab menstruasi yang tidak teratur yang pada gilirannya menyebabkan kenaikan berat badan.

Pendarahan hebat
Perubahan menstruasi dapat terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu. Siklus menstruasi berbeda ketika seorang wanita berusia 20-an, 30-an dan 40-an di. Ada beberapa variabel dalam panjang siklus, dan jumlah perdarahan lebih banyak dipengaruhi oleh salah diet, olahraga atau faktor lingkungan atau berat badan.

Konsumsi makanan tidak teratur
Alasan lain penyebab siklus haid terlambat atau tidak teratur adalah makanan yang Anda konsumsi tidak teratur sehingga memicu kenaikan berat badan.

Komentar