aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kepribadian Seseorang Ternyata Bisa Memengaruhi Kondisi Kesehatan Tubuhnya

Wednesday, 6 November 2019 21:00:32 WIB | Khairiyah Sartika
Kepribadian Seseorang Ternyata Bisa Memengaruhi Kondisi Kesehatan Tubuhnya
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Secara spesifik, orang yang memiliki kepribadian teliti dan sungguh-sungguh, memiliki risiko lebih rendah terkena masalah kesehatan 10 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang memiliki kepribadian sebaliknya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology melibatkan lima kepribadian utama, yakni extraversion, conscientiousness, agreeableness, neuroticism dan openness.

Dari 1.037 responden yang terlibat, peneliti menemukan kaitan antara kepribadian dengan kondisi kesehatan pada usia 38 tahun. Hanya 18 orang dengan kepribadian positif diketahui mengalami permasalahan kesehatan.

Studi yang dilakukan mengemukakan bahwa kajian kepribadian seperti ini dapat diterapkan pada kunjungan kesehatan bersama dokter agar mampu menciptakan perencanaan layanan kesehatan yang mengarah pada kehidupan yang lebih menyehatkan, demikian disampaikan Salomon Israel, Ph.D dari Duke University.

"Meskipun kami menunjukkan peringkat kepribadian memprediksi kesehatan masa depan, kami tidak mengesampingkan potensi diri sendiri untuk memberikan kesimpulan yang sama pentingnya," jelasnya.

Jadi, kepribadian apapun yang Anda miliki, tetaplah bergaya hidup yang sehat.

(tika / yb)

Komentar