aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mulai Musim Hujan, Jaga Kesehatan dengan 5 Cara Sederhana Ini

Wednesday, 6 November 2019 14:00:54 WIB | Khairiyah Sartika
Mulai Musim Hujan, Jaga Kesehatan dengan 5 Cara Sederhana Ini
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Musim hujan mulai tiba. Kondisi ini biasanya menjadi waktu potensial berkembangnya penyakit yang dapat mengancam kesehatan siapapun, termasuk Anda.

Karena itu, penting mencegah diri dari berbagai kemungkinan. Coba langkah-langkah mudah dan sederhana ini:

Rajin mencuci tangan
Janganlah malas mencuci tangan Anda. Ini agar terhindar dari bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit. Umumnya, di musim hujan, kurangnya kesadaran mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri dapat mengakibatkan batuk, pilek, flu, diare dan muntah-muntah. Pastikan pula menggunakan sabun saat mencuci tangan dan membilasnya menggunakan air bersih yang mengalir. Keringkan menggunakan handuk bersih agar terjaga dari kotoran lain yang mungkin menempel.

Sedia payung selalu
Jika ada pepatah yang mengatakan sedia payung sebelum hujan, ada baiknya menyediakan payung meski tidak hujan. Dengan begitu, kita akan selalu siap dalam kondisi apapun dan tak perlu takut kebasahan jika hujan turun. Ini juga merupakan salah satu bekal baik untuk menjaga kesehatan diri di musim hujan karena tentu tak pulang dalam keadaan kebasahan.

Pilih makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat salah satu langkah paling sederhana mencegah diri dari penyakit. Ini dapat dilakukan dengan menyantap menu yang kaya vitamin dan mineral. Anda juga dapat mengutamakan makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem imun yang dapat membantu melawan penyakit seperti flu dan infeksi.

Konsumsi air bersih
Pastikan air yang Anda minum terjaga kebersihannya. Pasalnya, air yang terkontaminasi dapat membawa penyakit seperti kolera dan amoebiasis. Untuk memastikan kondisi air, ada baiknya merebus terlebih dahulu hingga 100 derajat. Air yang bersih tentu menjadi baromoter kesehatan yang baik bagi tubuh.

Jaga kebersihan di sekitar
Meski tengah berada di rumah, sekolah, kampus maupun kantor, jangan lupa menjaga kebersihan di sekitar Anda. Selain terhindar dari kuman dan bakteri berbahaya, Anda juga mengurangi risiko terjangkit penyakit yang mungkin timbul akibat nyamuk atau lalat. Hindari pula bermain di daerah yang terkena banjir.

(tika/yb)

Komentar