aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mirip dengan Penyakit Mulut Biasa, Gejala Kanker Mulut Sulit Dideteksi

Tuesday, 5 November 2019 09:00:23 WIB | Nanda Indri Hadiyanti
Mirip dengan Penyakit Mulut Biasa, Gejala Kanker Mulut Sulit Dideteksi
Penyakit kanker lidah terbilang sulit didiagnosa. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Penyakit kanker lidah terbilang sulit didiagnosa. Pasalnya, ciri - cirinya sama dengan kebanyakan penyakit mulut umum.

Penyakit yang masuk dalam kanker mulut ini biasanya berawal dari kanker yang muncul di lidah, di mana sel kanker bermula dari dalam sel datar, yaitu sel yang menutupi permukaan mulut, lidah dan bibir. 

Ketika mulai menyebar, kanker ini akan memasuki sistem limfatik, atau sistem yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening di tubuh. 

Jenis kanker yang satu ini sangat mungkin menyebar ke bagian lainnnya yang berdekatan dengan mulut. Biasanya menjalar ke leher dan paru - paru. 

Kanker satu ini biasanya berawal dari pola hidup yang buruk, suka minum-minuman beralkohol, menghisap rokok hingga terpapar Human Papilloma Virus (HPV).

Berikut ciri yang harus diwaspadai sebagai tanda penyakit kanker lidah:

Lidah kaku 

Lidah terasa sulit digerakkan. Anda sulit untuk berucap tanpa alasan jelas. Segera periksakan ke dokter. Karena selain kanker, bisa saja sakit ini juga berhubungan dengan penyakit lain. Misalkan saja yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan juga gusi. 

Nyeri rahang

Rasa nyeri pada rahang ini biasanya berpusat pada sendi rahang yang dikenal dalam istilah medis sebagai temporomandibular. Bisa muncul tiba-tiba, sementara atau kronis. Di lain kasus, nyeri rahang ternyata bisa jadi salah satu tanda-tanda kanker lidah. Jika terjadi dalam waktu yang cukup lama dan sakitnya menyebar hingga kepala dan bagian wajah, lebih baik konsultasikan kepad dokter. 

Benjolan atau penebalan di dalam mulut

benjolan ini sangat jelas timbul di bagian lidah. Benjolan mengeras dan biasanya muncul di bagian belakang lidah dekat leher, hingga sesorang yang menderitanya kesulitan untuk berbicara. Pada awalnya benjolan ini hanya berupa bintik kecil yang nyeri bila tersenggol. Bila Anda mengalaminya, coba tanyakan kepada dokter yang ahli di bidang kanker lidah. 

Iritasi menyebabkan warna merah atau putih (seperti sariawan) pada gusi, lidah atau lapisan mulut

sepintas ciri kanker lidah satu ini tidak berbahaya. Bentuknya seperti sariawan sehingga sering disepelekan. Tapi ternyata luka berwarna putih salah satu tanda kanker mulai menyebar. Lakukan pemeriksaan jika mengalami sariawan tak kunjung sembuh lebih dari satu minggu

Sakit tenggorokan yang tidak kunjung hilang

bebera pasien mengira mereka sedang mengalami radang tenggorokan. Jika mengalaminya tapi tidak juga sembuh dalam kurun waktu lebih dari dua minggu ada baiknya segera konsultasikan ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotiik. Jika setelah resep antibotik habis dan belum juga pulih, cobalah lebih kritis bertanya kepada dokter tentang penyakit tesebut.

(nda)

Komentar