aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

7 Minuman Tinggi Kalori yang Harus Dihindari

Sunday, 13 October 2019 06:00:23 WIB | Vallesca Souisa
7 Minuman Tinggi Kalori yang Harus Dihindari
Menjaga tubuh tetap proporsional dan sehat memang tidak mudah.(Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Menjaga tubuh tetap proporsional dan sehat memang tidak mudah. Dibutuhkan kesadaran tinggi, motivasi yang kuat, serta disiplin. Ketika kita sudah menjaga asupan makanan dengan makanan-makanan rendah lemak dan kalori, bukan jaminan tubuh tetap proporsional. Hati-hati dengan cairan yang Anda minum. Minuman memang tampak ringan namun setiap jenis minuman memiliki kadar kalorinya masing-masing. Ada minuman berkalori rendah, ada juga minuman berkalori tinggi, yang tanpa disadari membuat lemak di tubuh menimbun. Makan sudah dalam porsi sedikit dan selektif, mengapa massa lemak tubuh tetap tinggi? Kemungkinan besar tubuh menyerap kalori dari cairan yang Anda minum. Minuman apa saja yang bisa membuat tubuh membengkak?

Smoothies

Siapa yang tidak tergoda dengan jenis minuman satu ini? Smoothies buah-buahan. Ada strawberry smoothies, banana smoothies, kita akan mengira minuman ini aman karena bercita rasa buah-buahan. Jangan salah. Bercita rasa buah-buahan atau berasal dari buah-buahan murni sekalipun, smoothies yang manis itu mengandung bahan campuran es krim full fat. Belum lagi ada tambahan sirup berkalori tinggi. Dengan sangat mudah smoothies dapat menambahkan 450 kalori per gelasnya pada tubuh Anda plus kandungan 24 gram lemak. Jika tetap ingin mengkonsumsi smoothies tanpa merusak diet, buatlah smoothies Anda sendiri dari jus buah murni, tanpa gula, dan ganti es krim dengan yogurt fat free.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Minuman kopi spesial

Minuman berjenis kopi-kopian kini semakin bervariasi. Benar bahwa kandungan kafein pada kopi dapat menyegarkan dan membuat Anda lebih semangat memulai alktivitas di pagi hari. Tetapi ingat, beberapa jenis minuman kopu juga dapat menaikkan kalori. Spesial mocha coffe, Irish crème coffee, caramel coffee, cafe latte, ditambah dengan sepotong muffin misalnya, dapat membuat menu pagi itu menjadi santapan berkalori tingi. Jenis-jenis kopi ini setidaknya mengandung 500-600 kalori dengan 20-25 gram kandungan lemak. Yang paling aman adalah kopi hitam, tanpa gula.

Soda

Soda tak lain adalah air gula. Tidak ada nilai nutrisi sama sekali dalam kandungan soda. Justru sebaliknya, soda dapat menyebabkan diabetes, obesitas, dan berkurangnya daya ingat Anda. Dengan meminum minuman bersoda setiap harinya selama enam bulan dapat mempengaruhi efektifitas kerja ginjal, serta menaikkan kadar lemak tubuh. Jadi sebaiknya lupakanlah minuman bersoda.

Minuman koktail

Jenis minuma koktail seperti martini, pina colada, white russians, tampak menarik untuk pesta kecil di malam hari. Sayangnya campuran minuman ini memiliki kandungan susu kelapa, krim dengan kadar gula tinggi. Segelas pina colada dapat membebani tubuh Anda dengan 700 kalori.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Sirup atau minuman berwarna

Minuman berwarna terlebih sirup sudah pasti mengandung gula tinggi. Satu gelas sirup mengandung 150 kalori dengan 30 gram gula.

Minuman berenergi

Minuman energi kemasan yang menjanjikan kesegaran dan pengganti ion tubuh sesungguhnya juga tak lepas dari kadar gula. Perlu Anda ketahui, minuman energi mengandung 280 kalori dan 62 gram gula, menjadikannya tidak lebih sehat dari sekaleng soda.

Jus apel

Sedikit mengejutkan menemukan jus apel dalam daftar minuman tinggi kalori. Apel bagi kebanyakan orang bernutrisi. Namun lain halnya apel sebagai minuman. Segelas jus apel mengandung 117 kalori dan 28 gram karbohidrat. Meminum jus apel boleh saja, tapi sebaiknya jangan dijadikan minuman favorit.

Komentar