aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

6 Makanan Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

Saturday, 5 October 2019 10:00:41 WIB | Rizki Adis Abeba
6 Makanan Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Organ Intim Wanita
Organ intim wanita wajib dijaga kebersihan dan kesehatannya. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Organ intim wanita wajib dijaga kebersihan dan kesehatannya. Untuk mencegah munculnya bakteri yang biasanya menjadi penyebab gangguan kesehatan vagina, selain dengan selalu menjaga kebersihan, melakukan hubungan seks sehat, dan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter, Anda perlu mengonsumsi makanan yang baik. Apa saja?

Ubi

Ubi, terutama ubi merah, kaya akan beta karoten dan vitamin A. Selain baik untuk kesehatan mata, ubi ternyata memberikan manfaat besar untuk organ kewanitaan juga sangat membantu bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan. Menurut Asosiasi Ahli Nutrisi Amerika, vitamin A merupakan viagra alami. Beta karoten dan vitamin A telah diteliti dan terbukti memberikan manfaat langsung dalam meningkatkan kesuburan dan menyehatkan organ reproduksi pria dan wanita. Ubi membantu meningkatkan hormon seksual, menguatkan dan melindungi jaringan otot dan dinding rahim, juga memperkuat janin selama berada di dalam rahim.

Yoghurt (Depositphotos)
Yoghurt (Depositphotos)

Makanan Hasil Fermentasi

Makanan-makanan hasil fermentasi seperti yoghurt dan kimchi kaya akan bakteri baik yang membantu menyeimbangkan kadar asam dan melawan infeksi bakteri dalam tubuh termasuk organ kewanitaan. Kandungan kalsium dalam yoghurt juga baik untuk menjaga suasana hati dan mencegah sindrom pra-menstruasi.

Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega 3

Telur, ikan laut, ayam, kacang-kacangan, dan sayuran seperti brokoli dan kembang kol mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk menjaga sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik akan menjaga gairah seksual Anda. Selain itu, dalam penelitian yang dimuat di laman sciendirect disebutkan bahwa asam lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak-minyakan seperti minyak canola, minyak biji rami, minyak ikan cod, dan minyak zaitun mampu mencegah keringnya vagina setelah memasuki fase menopause.

Apel (Depositphotos)
Apel (Depositphotos)

Apel

Anda pasti pernah mendengar istilah, “Satu apel setiap hari akan menjauhkan Anda dari dokter.” Ternyata apel juga menyimpan manfaat untuk organ intim. Dalam studi yang dimuat di Pusat Informasi Bioteknologi Nasional AS, wanita yang mengonsumsi sebuah apel setiap hari akan memiliki kehidupan seksual yang lebih baik. Sebab kandungan phytoestrogen phloridzin yang ditemukan dalam apel mampu meningkatkan fungsi seksual, gairah, dan kemampuan mencapai orgasme.

Cranberry

Buah cranberry segar atau jus cranberry murni (tanpa gula tambahan) kaya akan antioksidan, vitamin E, vitamin C, dan senyawa asam yang mampu melawan infeksi dan membantu membunuh bakteri yang menempel di dinding kandung kemih. Penelitian yang dimuat dalam Jurnal Nutrisi Klinis Amerika menunjukkan cranberry juga sangat bermanfaat dalam mencegah infeksi saluran kencing (ISK) pada wanita yang baru terinfeksi atau sudah mengalami ISK secara berulang.

Untuk mendapatkan manfaat buah cranberry bagi kesehatan organ intim, Anda perlu mengonsumsi buah cranberry secara segar dan murni tanpa campuran apa pun dan dalam jumlah yang sangat besar. Dr. Timothy Boone, wakil dekan dari Pusat Sekolah Kedokteran Texas A&M Health Science Center, mengatakan kandungan aktif cranberry, yakni proanthocyanidins tipe A, yang efektif melawan ISK baru akan efektif jika dikonsumsi dalam bentuk kapsul cranberry. Sebab, kata Boone, “Butuh konsentrasi cranberry yang sangat besar agar mampu melawan adhesi bakteri. Jumlah ini tidak bisa ditemukan dalam bentuk minuman atau jus cranberry.”

Avokad (Depositphotos)
Avokad (Depositphotos)

Avokad

Avokad sumber asam lemak nabati, vitamin B6, dan kalium yang ternyata sangat baik untuk meningkatkan libido, meningkatkan produksi estrogen, dan baik untuk pengeluaran cairan pelumas pada vagina saat berhubungan seksual. Di penelitian yang dimuat Pusat Informasi Bioteknologi Nasional AS disebutkan, avokad mengandung senyawa non-esensial yang tinggi seperti serat, lemak tak jenuh tunggal, dan antioksidan yang larut dalam lemak, yang semuanya berkaitan dengan peningkatan kesehatan reproduksi wanita, kelahiran bayi, dan kualitas ASI.

(riz)

Komentar