aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kenali Jenis dan Kadar Gula dalam Aneka Macam Buah 

Monday, 16 September 2019 09:30:04 WIB | Yuriantin
Kenali Jenis dan Kadar Gula dalam Aneka Macam Buah 
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Kandungan gula pada buah-buahan seringkali luput dari perhatian. Padahal buah termasuk makanan sehat yang tinggi gula. Lantas, apakah dampak kandungan gula ini pada tubuh? Adakah jenis-jenis buah yang sebaiknya dihindari?

Bagi penderita diabetes atau Anda yang sedang berupaya menurunkan bobot tubuh sebaiknya menghindari buah berkadar gula tinggu. Berikut beberapa di antaranya.

Anggur
Buah yang umumnya berwarna ungu ini tinggi akan gula terutama kandungan fruktosa. Bentuknya yang kecil kerap membuat Anda mengonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jadi sebelum kalap mengonsumsinya, ingatlah bahwa kadar gula dalam 100 gram anggur mencapai 18,1 gram. 

Pisang 
Rasa pisang yang manis sesuai dengan jumlah kadar gula di dalamnya. Sejumlah 100 gram pisang mengandung hingga 15,6 gram gula. Batasi konsumsi pisang satu sampai dua buah saja per hari. 

Mangga
Tak jauh berbeda dengan anggur, mangga mengandung kadar gula yang tinggi di antaranya adalah fruktosa. Sepertiga kandungan gula sebuah mangga merupakan fruktosa. Sekitar 14,8 gram gula didapati dalam setiap 100 gram mangga. 

Ceri 
Jumlah gula dalam 100 gram ceri mencapai 14,6 gram. Waspadai konsumsi ceri terutama saat menjadi topping kue atau penganan manis lain. Rasa ceri yang khas memang cocok dipadukan dengan rasa kue yang manis. Namun jika dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan kadar gula dalam darah. 

Apel 
Apel kerap dijuluki sebagai salah satu buah tersehat. Sesuai kata pepatah satu buah apel sehari untuk menghindarkan risiko penyakit, apel sebaiknya dikonsumsi secukupnya. Sebabnya, setiap 100 gram apel terdiri dari 13,3 gram gula. 

(yuri / ari)

Komentar