aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Tak Hanya Pulihkan Cedera, Ini Manfaat Pilates bagi Tubuh

Tuesday, 10 September 2019 23:08:11 WIB | Romauli Gultom
Tak Hanya Pulihkan Cedera, Ini Manfaat Pilates bagi Tubuh
Pilates Expert sekaligus Co-Founder Pilates Soul, Dini Suryani (kiri)

TABLOIDBINTANG.COM - Selama ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa pilates masih identik dengan olahraga yang dilakukan untuk pemulihan dari cedera, namun faktanya pilates dianjurkan dilakukan sebelum adanya cedera.

Pilates ditujukan untuk menjaga tubuh tetap bugar, sehat, dan tentunya untuk meminimalisir cedera yang terjadi pada tubuh kita.

Sementara itu, stigma bahwa pilates merupakan olahraga bagi kalangan wanita pun, juga salah, karena olahraga pilates merupakan olahraga yang bersifat unisex dan cocok bagi kalangan muda hingga tua.

Pilates Expert sekaligus Co-Founder Pilates Soul, Dini Suryani mengatakan, dengan melakukan latihan pilates secara rutin, maka dapat membuat kita untuk memiliki body awarenes terhadap tubuh kita sendiri, dimana kita mulai memahami tubuh kita, bagaimana otot kita bekerja baik saat berolahraga maupun saat melakukan kegiatan rutin sehari hari. 

“Cedera yang bisa disembuhkan dengan pilates, diantaranya nyeri punggung bawah, cedera lutut, dan skoliosis,” ujar Dini Suryani ditemui di pembukaan Pilates Soul di kawasan Wijaya, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Dini mengungkapkan pengalaman klien yang mengalami keluhan nyeri punggung bawah yang disebabkan karena kesalahan melakukan gerakan jumping jack.

“Akhirnya aku coba training pemulihan untuk klien dengan fokus myofascial. Jadi saya suruh taruh bola untuk pilates di atas bokong, tiduran, lalu ditekan. Nah, aku kasih timer satu menit dan ternyata dia merasa back pain-nya jadi lebih enteng,” jelasnya.

Namun, tak hanya itu saja, Dini mengatakan bahwa masih banyak manfaat pilates yang bisa dirasakan. Salah satunya untuk menyelaraskan jiwa dan raga. Karena, setiap orang memiliki jiwa yang berbeda.

“Selain jiwa, karakteristik seseorang juga beragam, tidak semua orang fleksibel dan memiliki kekuatan yang sama, namun Pilates Soul percaya iika seseorang fokus dan banyak berlatih, orang tersebut akan dapat menghubungkan jiwa dan raga mereka untuk mencapai kepuasan terhadap diri sendiri,” ujarnya.

Dini menambahkan, Pilates Soul dirancang untuk menjadi studio yang nyaman dan dapat memenuhi kebutuhan Pilates setiap orang, baik untuk mendapatkan kembali keseimbangan, memperkuat otot, memperbaiki postur tubuh, merehabilitasi cedera, meningkatkan fleksibilitas, mempersiapkan untuk melahirkan, dan juga membentuk tubuh. Tidak hanya pilates, studio ini juga menghadirkan kelas yoga dan zumba dengan tenaga pelatih yang kompeten di bidangnya. 

Komentar