aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Makin Banyak Wanita Korea yang Tertarik Membekukan Sel Telur, Ini Alasannya

Monday, 9 September 2019 23:59:23 WIB | Rizki Adis Abeba
Makin Banyak Wanita Korea yang Tertarik Membekukan Sel Telur, Ini Alasannya
Masalah infertilitas di Korea semakin meningkat karena dipicu semakin tuanya usia rata-rata orang menikah. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Masalah infertilitas di Korea semakin meningkat karena dipicu semakin tuanya usia rata-rata orang menikah. Disebutkan bahwa saat ini rata-rata wanita Korea menikah di usia 30,4 dan memiliki anak pertama mereka di usia 32,3 tahun, empat tahun lebih tua dari rata-rata wanita dunia. Sedangkan fungsi ovarium wanita dikatakan semakin menurun setelah melewati usia 35.

Fenomena ini pun menyebabkan munculnya fenomena lain, yakni maraknya wanita Korea yang memilih untuk membekukan sel telur mereka. Hal ini dilakukan sebagai tindakan preventif agar jika mereka menikah di atas usia 30 tahun maka mereka masih bisa menggunakan sel telur dengan kualitas baik yang diperoleh saat mereka berusia 20-an.

Saat ini disebutkan bahwa jumlah wanita yang mengajukan pembekuan telur meningkat dari kurang dari 100 orang pada 2011 menjadi 1.786 orang pada 2017. Para peneliti mengaitkan hal ini dengan meningkatnya jumlah wanita yang belum menemukan pasangan yang tepat tetapi tidak mau mengambil risiko menghadapi kemandulan jika mereka menikah kelak.

Para wanita Korea banyak yang memilih membekukan sel telur mereka sebelum berusia 35 tahun sehingga akan ada peluang lebih tinggi untuk mengumpulkan telur berkualitas tinggi seandainya kualitas sel telur mereka menurun setelah menikah kelak. Apalagi, ini juga merupakan prosedur yang disarankan oleh para dokter di Korea yang mendorong wanita untuk menjalani pembekuan sel telur pada usia paling subur.

Seiring dengan hal itu, semakin banyak pria Korea yang tertarik untuk membekukan sperma mereka, karena jumlah pria dengan kasus infertilitas meningkat dua kali lipat selama sepuluh tahun terakhir di Korea, dari 26.682 pada 2008 menjadi 67.270 pada 2018 lalu.

Beberapa selebriti Korea pun terang-terangan mengungkapkan keinginan mereka untuk membekukan sel telur, termasuk aktris Ham So-won yang menjalani prosedur tersebut di awal usia empat puluhan.

Dengan perubahan demografi penduduk Korea di masa mendatang, banyak yang berpendapat topik tentang pembekuan sel telur dan sperma di kalangan pemuda Korea akan semakin banyak dibicarakan.

(riz)

Komentar