aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Agar Tak Mudah Sakit di Musim Pancaroba, 5 Makanan Ini Bisa Dikonsumsi

Friday, 30 August 2019 20:00:23 WIB | Agestia Jatilarasati
Agar Tak Mudah Sakit di Musim Pancaroba, 5 Makanan Ini Bisa Dikonsumsi
Tubuh rawan terserang penyakit saat musim pancaroba. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Indonesia tengah memasuki masa transisi dari musim kemarau ke musim penghujan.  Biasanya di masa peralihan musim, tubuh manusia akan beradaptasi dengan iklim yang terjadi. Namun dalam proses pengadaptasinya, terkadang tubuh tidak bisa menerima hingga berujung sakit. Untuk mengatasinya, pola hidup sehat harus diberlakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan peningkat imun yang baik untuk daya tahan tubuh manusia.

Ahli gizi asal Manhattan, Amerika Serikat, Farah Fahad menyarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya vitamin dan antioksidan demi persiapan menghadapi perubahan musim. Berikut lima buah dan sayur peningkat imun menurut Farah Fahad:

1.  Kubis Brussel

Meski bentuk kubis ini kecil, tetapi manfaatnya bagi manusia sangat besar lo! Farah menyebut bahwa kubis brussel mengandung sulfur yang membantu menghilangkan racun yang berasal dari makanan dan lingkungan. Kubis ini juga dikenal kaya vitamin K dan berbagai jenis mineral. 

"Kubis ini juga dikenal kaya vitamin K dan berbagai jenis mineral. Kandungan ini sangat penting untuk meningkatkan fungsi saraf dan otak," terangnya.

2. Labu

Penyakit yang sering menyerang di musim peralihan seperti ini adalah flu. Untuk menangkalnya, Farah menyarankan untuk mengonsumsi labu yang kaya vitamin C yang membantu menopang sistem pertahanan tubuh. Tingginya kadar vitamin A dalam labu juga menjadi nilai tambah untuk kesehatan mata dan kulit.

"Vitamin A mempercepat proses pembaharuan kulit karena meningkatkan produksi kolagen. Saya suka menyajikan labu panggang sebagai makanan penutup," terangnya.

3. Apel

"Apel merah mengandung antioksidan yang disebut Quercetin, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sementara itu, apel memiliki serat larut dan tak larut yang tinggi sehingga sistem pencernaan menjadi lebih sehat," papar Farah.

Dok. tabloidbintang.com
Dok. tabloidbintang.com

4. Ubi Jalar

Jika Anda ikut pelatihan kebugaran, biasanya ubi selalu disarankan sebagai makanan pokok karena kaya karbohidrat. Namun, ubi tak hanya kaya karbohidrat, melainkan juga potasium. 

"Elektrolit, kalium bersama dengan kalsium, magnesium, dan sodium membantu keseimbangan retensi cairan, kontraksi otot, dan fungsi jantung di dalam tubuh," paparnya.

5. Lobak

Sayur kerabat wortel ini menawarkan perpaduan nutrisi pembangkit tenaga termasuk folat, vitamin B6, dan vitamin B5 yang sangat penting untuk produksi energi dan metabolisme dalam tubuh. Mengolah lobak pun terbilang mudah. Bisa dengan cara dipangang atau sebagai bahan pelengkap sup. 

(ages)

Komentar