aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Suka Makanan Pedas? Ini Efek Cabai pada Tubuh yang Wajib Diketahui

Monday, 26 August 2019 02:00:23 WIB | Yuriantin
Suka Makanan Pedas? Ini Efek Cabai pada Tubuh yang Wajib Diketahui
Sebagian orang tidak bisa makan tanpa rasa pedas. (Depositphos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagian orang tidak bisa makan tanpa rasa pedas dari cabai. Selain menambah cita rasa, cabai juga memengaruhi fungsi tubuh. Penasaran? Inilah yang terjadi pada tubuh usai melahap makanan pedas:

Meningkatkan mood

Ketika lidah merasakan sensasi terbakar kala makan pedas, sistem saraf merespon dengan meminta bantuan pada organ tubuh lain. Hingga tubuh mengelurkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan. Endorfin akan membantu mengatasi rasa sakit (pedas) dengan membuat lidah lebih toleran terhadap rasa pedas.

Membantu program diet 

Kandungan capsaicin pada cabai meningkatkan temperatur tubuh dan memperlancar metabolisme tubuh. Lemak tubuh juga lebih banyak terbakar dan membantu menurunkan berat badan dibanding Anda mengonsumsi makanan yang tidak mengandung capsaicin. 

Menurunkan tekanan darah

Molekul capsaicin akan membuat pembuluh darah lebih rileks hingga menurunkan tekanan darah secara keseluruhan, jika dikonsumsi secara rutin. 

Mencegah kanker prostat

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Future Oncology, capsaicin bisa menekan pertumbuhan tumor prostat. 

Bikin umur panjang

Konsumsi makanan pedas beberapa hari dalam seminggu mampu mengurangi 14 persen risiko penyebab kematian. Alhasil, angka harapan hidup penggemar makan pedas tentu lebih panjang.

(yuri)

Komentar