aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Langkah Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan saat Menstruasi

Friday, 23 August 2019 16:45:23 WIB | aura.co.id
5 Langkah Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan saat Menstruasi
Masa menstruasi adalah saat dimana risiko terkena infeksi lebih mudah. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Masa menstruasi adalah saat dimana risiko terkena infeksi lebih mudah. Hal itu disebabkan karena bakteri dari darah menstruasi yang banyak.

Untuk menghindari infeksi, setiap wanita perlu menjaga kebersihan diri sebaik mungkin agar organ kewanitaan tetap bersih dan terhindar dari infeksi.

Karena itu, wanita tidak hanya wajib membersihkan daerah intim juga lebih teliti memilih pembalut yang terbaik untuk digunakan.

Demi menjaga kebersihan organ kewanitaan, berikut 5 cara yang bisa diterapkan seperti dilansir dari laman Leadership:

(Depositphotos)
(Depositphotos)

1. Rutin membersihkan organ kewanitaan

Selama masa haid, pastikan Anda selalu menjaga daerah intim selalu bersih. Bersihkan daerah intim setidaknya dengan mandi dua kali sehari untuk menjaganya tetap bersih dan terhindar dari bau. Gantilah pembalut beberapa kali dalam sehari, terutama saat menstruasi berat.

2. Pilih pembalut secara bijak

Dengan banyaknya produk pembalut yang beredar di pasaran, pastikan Anda memilih produk yang tepat. Selain mengutamakan kenyamanan, pilih pembalut dengan daya serap tinggi dari merek yang legal dan jelas terdaftar oleh Depkes atau Kementerian Kesehatan.

3. Hindari lecet karena pembalut

Lecet atau ruam karena menggunakan pembalut saat menstruasi berat bisa terjadi. Hindari infeksi pada kulit yang lecet dengan lebih sering mengganti pembalut untuk membuat kulit tetap kering dan bersih. Anda juga dapat menggunakan salep antiseptik untuk mengatasi lecet atau ruam yang mengganggu.

4. Pilih pakaian yang memberi ruang bernapas

Tak hanya pakaian dalam, pakaian luar juga harus dipertimbangkan untuk menjaga area vital tetap bisa bernapas selama menstruasi. Hindari pakaian yang menyulitkan sirkulasi udara, terlalu ketat, dan panas. Sebaiknya, pakailah celana dalam dari katun dan pakaian longgar untuk menjaga area pribadi Anda tetap kering dan segar.

5. Bersih saat melepas dan membuang pembalut

Sebaiknya hati-hati saat melepas pembalut di celana dalam dari atas ke bawah. Buang gulungan pembalut bekas pakai dengan plastik sampah atau koran sebelum di buang di tempat sampah. Pastikan tempat sampah tempat membuang pembalut tidak berada di kamar tidur atau dapur. Jangan lupa mencuci tangan sebelum memasang pembalut baru.

AURA.CO.ID

Komentar