aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Khasiat Kacang dan Biji-bijian yang Bisa Memperpanjang Umur

Thursday, 8 August 2019 23:59:10 WIB | Hari Murtono
Khasiat Kacang dan Biji-bijian yang Bisa Memperpanjang Umur
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Camilan sehat banyak dibicarakan saat tema diet diangkat. Jenis dan jumlahnya pun banyak sekali ditemui di berbagai supermarket atau minimarket.

Tapi benarkah, apa yang dilabelkan sebagai camilan sehat benar-benar mengandung hal-hal yang membuat tubuh prima dan membuat Anda sehat sepanjang waktu?

Sulit dipastikan. Tapi tahukah Anda, ada jenis camilan yang tak hanya membuat sehat, namun juga bisa memperpanjang hidup kita.

Varian camilan sehat ini bahkan sangat mudah ditemukan, mengandung zat dan nutrisi yang bakal membuat Anda tercengang.

Apakah itu? Kacang dan biji-bijian. Apa saja kandungannya dan apa saja manfaatnya untuk tubuh, berikut penjelasannya.

- Makan 5 atau lebih porsi kacang per hari mampu menurunkan risiko serangan jantung. Namun karena biasanya kacang memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi, ada baiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang saja.

- Hampir semua jenis kacang mengandung vitamin E. Selain juga mengandung besi, magnesium, kaslium, potassium, dan tembaga,

- Diet tinggi kacang almond efektif menurunkan kadar kolesterol dan almond merupakan penghasil kalsium vegetarian yang baik.

- Kacang Brasil memiliki kandungan yang kaya nutrisi. Selain kaya zat antioksidan selenium, juga mampu melindungi tubuh dari risiko terkena kanker prostat, dan risiko sakit jantung.

- Walnut merupakan sumber omega 3 yang sangat baik untuk para vegetarian.

- Peanut atau kacang tanah sangat kaya akan mangan.

- Biji-bijian sangat bagus sebagai sumber energi dan vitamin E.

- Biji labu mengandung pitoesterogen, yang mampu mengurangi rasa sakit saat terjadi gejala menopause.

- Biji rami merupakan sumber terbaik asam lemak EFA yang sangat baik untuk perkembangan sel otak dan mampu membantu mengimbangi emosi.

- Wijen kaya akan kalsium, magnesium, fosfor, dan mengandung sesamin, antioksidan yang mampu mengenyahkan kolesterol dari tubuh.

- Biji bunga matahari kaya akan kalsium, thiamin, vitamin B6 dan folat, selenium, dan merupakan sumber terbaik vitamin E, yang menyuplai 76 persen kebutuhan harian manusia.

- Flaxseed (benih lenan) sangat kaya akan minyak omega 3, mengandung serat dan memiliki kandungan antiperadangan. Juga mengandung protein dan mineral serta membantu menstimulasi kinerja pencernaan.

- Kacang polong. Kaya akan kalsium, magnesium, fosfor, potassium, asam folat, dan protein. Kacang ini kaya akan serat, mampu membantu tubuh membersihkan gangguan pada saluan pencernaan, meningkatkan bakteri baik di dalam usus dan menghilangkan dampak negatif kolesterol.

- Jagung. Kaya akan zat besi, magnesium, potassium, seng, dan vitamin B3. Sangat baik untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf, juga mengatasi penyakit kulit, mengandung zat antikanker, dan lemak esensial.

- Gandum. Mengandung beta karoten, magnesium, seng, mangan, asam folat, dan asam lemak esensial. Memiliki kandungan protein sayuran yang baik serta mengandung  minyak asam amino.

- Alfalfa mengandung kalsium, sodium, magnesium, potassium, mangan yang mengurangi peradangan, meningkatkan gairah seksual, sangat baik untuk tubuh tapi sangat kontraindikasi dengan lupus dan mereka yang memiliki masalah dengan daya tahan tubuh.

- Oat mengandung vitamin B5, asam folat, dan silikon. Kaya akan serat dan mengandung zat yang mendukung kelancaran pencernaan, menstimulasi kerja sistem pencernaan, serta sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

dari Berbagi Sumber

(hari / gur)

Komentar