aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Lebih Ekonomis, Satu Menstrual Cup Bisa Digunakan Hingga 10 Tahun

Wednesday, 31 July 2019 21:00:23 WIB | Rizki Adis Abeba
Lebih Ekonomis, Satu Menstrual Cup Bisa Digunakan Hingga 10 Tahun
Ada banyak alasan yang dirasakan para wanita untuk mulai beralih dari menggunakan pembalut ke menstrual cup yang saat ini tengah naik daun. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ada banyak alasan yang dirasakan para wanita untuk mulai beralih dari menggunakan pembalut ke menstrual cup yang saat ini tengah naik daun. Selain alasan kenyamanan, menstrual cup juga menjadi solusi yang ekonomis serta ramah lingkungan.

Material menstrual cup yang tebuat dari silikon yang fleksibel bisa dilipat dan mudah dimasukkan ke dalam vagina. Setelah dimasukkan, menstrual cup akan terbuka dan secara otomatis menyerap darah menstruasi. Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Lancet Public Health Journal, hampir semua pengguna mengatakan merasa nyaman dan tidak merasakan apapun ketika menggunakan menstrual cup saat sedang menstruasi.

Menstrual cup. (Depositphotos)
Menstrual cup. (Depositphotos)

Menstrual cup harus dikeluarkan dan dibersihkan secara teratur dengan cara mencuci dan merebusnya selama sepuluh menit agar kembali steril sebelum digunakan kembali. Menstrual cup juga tersedia dalam beberapa ukuran berbeda, biasanya diperuntukkan bagi wanita yang pernah melahirkan secara normal dan mereka yang belum pernah melahirkan atau melahirkan secara caesar.

Kelebihan lain dari menstrual cup, selain menghemat uang karena benda ini bisa digunakan berulang kali, juga lebih ramah lingkungan karena tidak menciptakan limbah. Konon satu menstrual cup bisa digunakan hingga sepuluh tahun sehingga bisa menghemat lebih banyak uang.

Sedangkan menurut Asosiasi Perawatan Kesehatan Reproduksi Profesional AS, seorang wanita rata-rata membuang 11 ribu tampon atau pembalut bekas seumur hidupnya. Selain dapat mengurangi limbah pembalut, menstrual cup juga bisa menghindarkan Anda dari iritasi akibat bahan kimia yang terdapat di dalam pembalut. Jadi, tertarik mencoba?

(riz)

Komentar