aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Masih Ragukan Menstrual Cup? Hasil Penelitian Ini Bisa Bikin Anda Berubah Pikiran

Thursday, 1 August 2019 11:00:23 WIB | Rizki Adis Abeba
Masih Ragukan Menstrual Cup? Hasil Penelitian Ini Bisa Bikin Anda Berubah Pikiran
Menstrual cup kini menjadi benda yang semakin populer dan banyak diperbincangkan terutama oleh kaum wanita. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Menstrual cup kini menjadi benda yang semakin populer dan banyak diperbincangkan terutama oleh kaum wanita. Sudah banyak wanita yang mencoba menggunakan menstrual cup dan merasakan kenyamanannya, namun tidak sedikit yang masih penasaran, apa sebenarnya menstrual cup? Seperti apa penggunaannya dan apa saja kelebihannya?

Menstrual cup adalah benda berbentuk seperti corong kecil yang fungsinya kurang lebih sama dengan pembalut kewanitaan atau tampon. Menstrual cup umumnya terbuat dari bahan silikon dan dimasukkan ke dalam vagina yang berfungsi untuk menampung darah menstruasi. Sebelum memberanikan diri mencobanya, pasti banyak wanita yang bertanya-tanya, apakah menstrual cup aman dan tidak akan bergeser? Apakah adan pas diletakkan di mulut vagina? Dan menurut penelitian, jawabannya adalah “iya”.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Dalam kesimpulan dari 43 penelitian dengan peninjauan berskala besar yang melibatkan lebih dari 3.300 wanita dari berbagai latar ekonomi dan dipublikasikan di Lancet Public Health Journal, peneliti menemukan bahwa menstrual cup saat ini semakin populer, dengan 70 persen wanita dari 13 penelitian mengatakan mereka ingin terus menggunakan menstrual cup sejak melakukan percobaan pemakaian pertama.

Kendati pun banyak orang yang mengkhawatirkan bahwa menstrual cup akan bergeser atau bocor, masalah-masalah tersebut sangat sedikit ditemukan dalam penelitian.

Para wanita yang belum pernah menggunakan menstrual cup sebelumnya pada umumnya merasa takut dalam penggunaan menstrual cup untuk pertama kali. Namun kebanyakan pengguna melaporkan bahwa ternyata penggunaan menstrual cup lebih mudah dari yang mereka bayangkan.

(riz/bin)

Komentar