aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Bugar untuk Berbagai Usia dengan Aktivitas Rumahan

Friday, 19 July 2019 22:00:53 WIB | Hari Murtono
Kiat Bugar untuk Berbagai Usia dengan Aktivitas Rumahan
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Sehat itu mahal. Biaya kesehatan yang supermahal, harga-harga yang melambung, fasilitas kesehatan termodern yang nyaris tak terjangkau sebagian besar masyarakat makin menakutkan banyak orang.

Kalau ada dana lebih, kami anjurkan Anda untuk memproteksi diri dengan asuransi atau dana kesehatan lainnya. Tapi jika ingin semuanya aman-aman saja, jawabannya tidak sulit: pertahankan gaya hidup sehat.

Gampang-gampang sulit menerapkannya. Gampang karena kadang tak perlu biaya apalagi fasilitas kebugaran supermewah. Tapi menjadi sulit karena untuk memulainya dibutuhkan niat yang tak tergoyahkan.

Mau tahu apa saja aktivitas yang menjamin kebugaran dan meningkatkan kesehatan tubuh?

Ternyata banyak. Tiap golongan usia bisa melakukan aktivitas sesuai kemampuan. Jenis aktivitas dan olah tubuh ternyata enggak sulit-sulit amat, lho.

Oh, iya untuk merangsang Anda untuk memulai aktivitas rumahan yang sehat itu, ada baiknya juga mempelajari tip untuk menjadi aktif dan mau menggerakkan tubuh:

- Pilih aktivitas yang Anda suka dan cocok untuk rutinitas harian Anda.

- Pilih saat yang paling nyaman dan cocok dengan jadwal kesibukan.

- Lakukan aktivitas bersama teman, keluarga, atau pasangan.

- Kurangi jam leyeh-leyeh di rumah selama satu hari senggang.


Aktivitas untuk Ibu Bekerja:

- Antar anak Anda ke sekolah. Bagi yang sekolahnya dekat rumah, upayakan melakukannya dengan berjalan kaki. Tapi mengantar anak ke sekolah, meski dengan kendaraan sekalipun, juga membutuhkan energi yang mengharuskan para ibu berjalan dan bergerak.

- Melakukan aktivitas di akhir pekan bersama anak, seperti olahraga bersama, berenang, jalan-jalan di taman, dan sejenisnya.

- Ikut dalam kegiatan bersama ibu dan anak-anak lain sangat efektif membuat Anda bergerak dan berjalan kaki.

- Jika tak sempat ke pusat kebugaran atau studio yoga, lakukan olahraga di rumah misalnya dengan beryoga dengan panduan melalui DVD di rumah.

- Berolahraga saat jam istirahat.

- Bersepeda dan berjalan kaki saat pulang kantor.

Aktivitas untuk anak muda:

- Coba sesuatu yang baru. Pilih dan lakukan olahraga yang mencerminkan kepribadian. Semakin suka, semakin mudah melakukannya.

- Menantang diri untuk ikut kegiatan yang cukup menantang namun menyenangkan dan bisa dikerjakan bersama teman-teman, seperti ikut lomba lari 5 km.

- Ikutsertakan atau ajak teman dalam aktivitas Anda.

- Lakukan aktivitas yang membuat tubuh  banyak berjalan atau berlari.

- Menari diiringi lagu kesukaan.

- Lakukan pekerjaan harian di rumah seperti menyapu, mengepel, cuci mobil, buang sampah, atau bahkan menyiram kebun. Semua kegiatan itu kesannya sepele namun sesungguhnya dapat meningkatkan ritme detak jantung Anda menjadi lebih baik.

Pekerja kantoran:

- Parkir mobil atau motor Anda di tempat yang agak jauh dan membuat Anda berjalan kaki lebih sering.

- Lakukan pembicaraan dengan teman sambil berjalan-jalan.

- Berdiri saat menerima telepon.

- Bersepeda, jalan kaki, jalan di taman, hiking menjadi kegiatan yang membuang keringat serta menghilangkan stres dan beban kerja.

- Pilihlah menghampiri teman sekantor ke mejanya daripada berbicara di telepon. Ini gerakan sepele yang diam-diam membuat tubuh lebih bugar.

- Pilihlah jam olahraga sebelum, sesudah, atau saat jam makan siang.

Aktivitas untuk kalangan usia 65 tahun:

- Aktiflah di sekitar rumah dengan memasak, berkebun, berjalan saat menerima telepon. Aktivitas ringan seperti itu lebih bermanfaat dengan melakukannya tanpa target pencapaian seperti ketika Anda melakukan olahraga di pusat kebugaran.

- Tingkatkan kekuatan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh dengan  latihan khusus lanjut usia yang sangat memperhatikan gerakan dan langkah-langkah yang efektif.

- Jalan cepat sangat baik untuk kesehatan jantung dan pernapasan.

- Berenang dan melakukan olahraga air lainnya, untuk orang lanjut usia sangat mengurangi stres dan meningkatkan kinerja otot.

- Yoga sangat cocok untuk level apa pun untuk usia ini. Latihan pernapasan, kelenturan, dan kekuatannya sangat baik untuk menguatkan tubuh usia lanjut.

- Lakukan olahraga yang mengontrol pergerakan dan melatih pernapasan, seperti taichi.

Lari pagi atau sore. Jenis lari bagi orang tua tentu sangat berbeda dengan berbeda dengan anak muda yang lebih kompetitif. Lari santai menjadi pilihan yang paling tepat.

dari Berbagai Sumber

(hari / gur)

Komentar