aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kiat Bugar dan Sehat Meski Tidur Larut Malam

Friday, 19 July 2019 15:15:32 WIB | Hari Murtono
Kiat Bugar dan Sehat Meski Tidur Larut Malam
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Berapa jam tidur yang ideal? Delapan sampai 10 jam kalau hitungan ilmiahnya. Tapi dalam prakteknya, rata-rata orang dewasa paling hanya tidur 6 jam per hari. Cukup? Tergantung kualitas tidurnya.

Malah jam tidur bisa lebih pendek lagi kalau ada aktivitas malam hari, macam kerja lembur, pesta, atau bahkan kencan dengan kekasih. Kalau akhir pekan mungkin tidak masalah, bagaimana kalau hari biasa?

Adakah trik untuk membunuh rasa kantuk? Kopi mungkin salah satu jawaban, tapi efeknya disebut-sebut kurang baik untuk detak jantung dan tekanan darah.

Untuk sepenuhnya tampil segar jelas tidak mungkin, karena membalas jam tidur yang kurang di hari berikutnya adalah jawaban paling masuk akal. Tapi ada juga hal yang mampu menetralisir, membuat tubuh lebih segar meski kurang tidur.

Berikut beberapa langkah yang harus Anda ambil:

- Untuk mereka yang beraktivitas hingga larut malam, apalagi bekerja pada malam hari, makan pagi adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Jam 5 hingga 9 pagi adalah jam makan yang paling baik. Pilihlah menu sereal yang kaya serat, roti dengan selai dan mentega, serta segelas jus. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan dua butir telur atau tiga potong daging yang dimakan bersama roti. Jangan lupakan susu. Makan pagi yang baik akan menambah energi dan memperlancar pencernaan.

- Kalau Anda memutuskan untuk melakukan aktivitas yang sama pada malam berikutnya, harus makan siang dengan baik. Makan dalam porsi yang lebih besar, selain untuk mengasup kebutuhan energi selama Anda bekerja, juga membantu Anda tetap fit sampai malam hari. Pilihah menu yang yang terdiri dari daging-dagingan seperti ayam panggang, daging, atau pun ikan. Agar daya tahan semakin baik jangan lupa untuk mengonsumsi sayur-mayur.

- Karena Anda akan tidur larut malam, tidak ada salahnya mengundurkan sedikit jam makan malam Anda. Untuk menu, pilih yang rendah kalori, tidak membuat perut terlalu kekenyangan dan membuat mata mengantuk. Sandwich sayuran berisi lettuce, tomat, dan mayones bisa dijadikan pilihan. Kenapa tidak perlu terlalu berat? Karena ada satu sesi cemilan yang mungkin membantu Anda terjaga. Adapaun cemilan yang lebih baik dipilih adalah kacang-kacangan, anggur, apel, dan popcorn. 

- Cara melawan efek dari pola tidur tidak teratur, adalah dengan pengobatan homeopatik. Mengonsumsi ginseng akan sangat berguna untuk meningkatkan stamina fisik dan mental.

- Jika Anda ingin tidur lelap, hindari obat obat tidur, pilih alternatif lain yang alami. Carilah obat alami atau jamu yang bisa membantu membuat pikiran Anda relaks dan menimbulkan rasa kantuk. 

- Jangan pernah ragukan efek dahsyat secangkir teh herbal -- yang terbuat dari chamomile, lavender dan bunga linden.

- Gangguan pola makan dan terbatasnya pilihan makanan selama bangun  malam hari, membuat sistem pencernaan Anda terganggu. Beberapa pengobatan alternatif bisa memulihkan gangguan pencernaan. Cobalah minum paling sedikit 8-10 gelas sehari untuk menjaga keseimbangan lambung, cairan tubuh, dan kelembapan kulit. 

- Perbanyak makanan berserat, misalnya roti gandum untuk membuat sandwich. Masukkan nasi dan sayuran, roti atau kentang yang disertai makanan hangat ke dalam menu Anda, juga buah-buahan segar, kaleng atau kering dan konsumsi kacang-kacangan sebagai camilan Anda.

Pastikan Anda Menghindari:

- Makanan tinggi lemak dan gula. Karena pergerakan Anda tidak terlalu banyak di malam hari, makanan dengan kandungan lemak tinggi malah akan membuat pencernaan Anda bermasalah. Karena energi yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, justru akan memicu kenaikan berat badan. 

- Minuman mengandung kafein tinggi. Benar, Anda membutuhkan kopi agar terjaga di malam hari, tapi terlalu banyak akan membuat Anda tidak bisa tidur atau terkena gangguan tidur. Kafein masih bekerja 5 jam setelah Anda meminumnya. 

- Hindari makanan berlemak dan asam tinggi. Adapun jenis makanan yang justru harus Anda kontrol adalah roti putih, biskuit, makanan manis, dan keripik kentang. Hindari makanan yang mempunyai rasa tajam.

disarikan dari berbagai sumber

(hari / gur)

Komentar