aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Jalan Kaki Minimal 2000 Langkah Setiap Hari Turunkan Resiko Diabetes dan Jantung

Thursday, 18 July 2019 21:45:38 WIB | Khairiyah Sartika
Jalan Kaki Minimal 2000 Langkah Setiap Hari Turunkan Resiko Diabetes dan Jantung
Jalan kaki merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak terlalu berat.

TABLOIDBINTANG.COM - Jalan kaki merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak terlalu berat, menyehatkan sekaligus tidak memakan waktu lama serta biaya besar.

Jika meluangkan waktu 20 menit untuk berjalan kaki setiap hari, maka hal ini dapat berpengaruh sangat baik terhadap kondisi fisik dan kesehatan diri Anda.

Studi yang dikemukakan oleh University of Leicester menemukan bahwa setiap 2000 langkah dalam sehari (setara dengan sekitar 20 menit jalan kaki berkecepatan sedang) selama setahun, terkait erat dengan penurunan resiko jantung sebesar 8 persen.

Penelitian ini melibatkan 9.306 orang dewasa dari 40 negara berbeda, demikian dilaporkan Huffington Post. Setiap peserta ikut berpartisipasi dalam program penurunan berat badan dan kadar lemak serta meningkatkan porsi olahraga menjadi 150 menit setiap minggu.

Hasilnya, ditemukan sebuah hubungan erat antara resiko penyakit jantung dengan jumlah waktu berjalan yang dilakukan masing-masing peserta.

Jika membandingkan dengan orang lain yang tak berjalan kaki, seseorang yang berjalan 2000 langkah lebih banyak pada bagian awal studi, diketahui memiliki penurunan resiko perkembangan penyakit jantung sebanyak 10 persen.

Untuk setiap tambahan 2000 langkah yang dilakukan, resiko penyakit jantung menurun sebesar 8 persen. Jadi, tunggu apa lagi? Isi hari Anda dengan hal positif seperti berjalan kaki.

(tika / gur)

Komentar