aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Alasan Wanita Lajang Lebih Sehat Ketimbang Wanita Menikah

Tuesday, 16 July 2019 14:00:23 WIB | Wida Kriswanti
Alasan Wanita Lajang Lebih Sehat Ketimbang Wanita Menikah
Wanita lajang di usia matang mengalami penurunan indeks massa tubuh, ukuran pinggang yang lebih kecil, serta tekanan darah yang lebih rendah jika dibanding mereka yang masih terikat dalam pernikahan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Studi yang dirilis dalam Journal of women's Health, seperti diungkap laman Psychology Today, wanita yang tetap melajang atau tidak terikat dalam pernikahan serta janda yang tidak menikah lagi, memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih sehat.

Hasil penelitian mengungkap, wanita lajang di usia matang mengalami penurunan indeks massa tubuh, ukuran pinggang yang lebih kecil, serta tekanan darah yang lebih rendah jika dibanding mereka yang masih terikat dalam pernikahan. Selain itu, ditemukan pula dalam penelitian, wanita-wanita lajang ini memiliki ketertarikan lebih tinggi untuk menerapkan gaya hidup sehat, dalam hal makanan dan aktivitas fisik.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Bella DePaulo, PhD, psikolog sosial asal Amerika menduga, penyebab wanita lajang cenderung lebih sehat (yang otomatis membuat mereka terlihat cantik), tidak lain karena kesempatan yang lebih banyak dan terbuka untuk mengejar gaya hidup sehat tersebut. Sementara hasil berkebalikan ditunjukkan wanita-wanita yang terikat dalam pernikahan, yang justru cenderung bertambah indeks massa tubuhnya. Kebiasaan orang-orang yang menikah untuk makan lebih teratur, duduk bersama untuk berbagi makanan, diperkirakan DePaulo sebagai penyebab utama.

“Mungkin karena itulah mereka makan dengan porsi yang lebih besar,” kata DePaulo tentang hasil penelitian yang melibatkan lebih dari 79 ribu koresponden itu dalam tulisannya di Psychology Today, pada 2017 lalu.

DePaulo tidak lupa mempertanyakan, apakah penurunan berat badan yang ditunjukkan wanita yang melajang adalah akibat dari stres dan pergolakan emosional, alih-alih niat yang disengaja untuk menjalani hidup sehat? Kesimpulan yang didapat ternyata mengejutkan. Peningkatan kesehatan bukanlah sesuatu yang terjadi tanpa sengaja, melainkan karena memang secara aktif dan sadar melakukannya.

Komentar