aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Penderita Migrain Harus Hati-hati Terhadap Macam-macam Makanan dan Minuman Ini

Tuesday, 25 June 2019 23:00:10 WIB | Hari Murtono
Penderita Migrain Harus Hati-hati Terhadap Macam-macam Makanan dan Minuman Ini
Alkohol bisa memicu migrain (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Jika penyebabnya sudah tau, Anda juga perlu tahu faktor pencetus dan berbagai hal yang memperparah sakit migrain.

Faktor pencetus migrain paling dominan adalah konsumsi makanan tertentu, kurang atau tidur yang berlebihan, tidak makan/diet, stres dan tekanan emosi, bau-bauan yang menyengat, dan paparan sinar yang berlebihan.

Selain faktor-faktor itu penderita migrain juga harus berhati-hati terhadap makanan dan minuman seperti berikut.

1. Alkohol. yang termasuk zat yang diuretik atau penyebab dehidrasi tubuh, sehingga memicu timbulnya migrain. Meski anggur merah memiliki fungsi ganda yang berlawanan, karena kaya akan unsur fenolik yang sangat baik buat jantung, anggur merah juga bisa memicu terjadinya migrain.

2. Kafein. Meski mengonsumsinya membantu menghilangkan migrain, sebenarnya tidak dianjurkan dilakukan bagi penderitanya. Sebab bila sudah kecanduan, kurang konsumsi kafein malah akan memicu terjadinya migrain. Bila hanya ingin menghentikan migrain, satu gelas saja sudah cukup.

3. Keju. Meski masih pro-kontra, beberapa ahli mengatakan keju adalah salah satu pemicu migrain. Unsur asam amino tiramin yang terkandung pada keju diperkirakan mampu memicu timbulnya sakit kepala, karena mengurangi kadar serotonin dalam otak yang mengganggu irama aliran darah.

4. Aditif Makanan. Para penderita migrain umumnya mengatakan bahwa mereka sangat sensitif dengan makanan yang mengandung MSG, nitrit, aspartame (pemanis buatan), tetrazin, dan sulfite (ditemukan pada minuman alkohol dan wine).

(hari / gur)

Komentar