aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Tidak Sahur Tapi Kuat Puasa, Sahur Tapi Kelaparan Saat Puasa, Apa yang Salah?

Friday, 17 May 2019 22:30:19 WIB | Khairiyah Sartika
Tidak Sahur Tapi Kuat Puasa, Sahur Tapi Kelaparan Saat Puasa, Apa yang Salah?
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa, santap sahur menjadi kesempatan untuk mengisi perut dengan makanan secukupnya agar tidak menghadapi rasa kelaparan berlebihan sejak Subuh hingga Maghrib.

Namun, banyak orang yang sengaja melewatkan sahur atau hanya makan sedikit namun tetap kuat bertahan hingga adzan Maghrib tiba.

Tak jarang pula, orang yang menyantap makanan saat sahur tetap merasa kelaparan saat siang atau sore harinya. Padahal, makanan yang dilahap terhitung cukup banyak dan tergolong sangat mengenyangkan.

Karena itu, ada baiknya memperhatikan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh saat sahur. Terkadang makanan yang dikonsumsi belum tentu mampu memberikan tubuh tenaga, gizi, vitamin dan serat yang cukup untuk bertahan seharian penuh. Malah sebaliknya, berpotensi membuat tubuh cepat lelah, lapar serta mengantuk.

Pilihlah makanan sehat sekaligus mengenyangkan yang mampu menahan rasa lapar untuk waktu yang cukup lama. Yakni dengan mengintip beberapa pilihan makanan sebagai berikut.

Misalnya buah apel atau alpukat. Kedua buah-buahan ini dapat dilahap setengah jam sebelum makan berat. Kandungan serat dan air yang terdapat di dalamnya mampu membantu membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, sekaligus menawarkan sisi kesehatan yang baik bagi tubuh.

Begitupun kacang-kacangan, disarankan sebagai makanan yang kaya protein, serat, antioksidan, vitamin B dan zat besi. Mengonsumsi kacang-kacangan saat sahur juga dapat membantu perut Anda mengatasi rasa lapar berlebihan.

Atau bagi yang gemar makanan berkuah, dapat menyantap aneka sop hangat. Sebab, diketahui mampu mengisi perut secara lebih mengenyangkan tanpa harus dipadati makanan lainnya. Dapat pula menambahkan sebutir telur yang kaya akan kandungan protein demi memaksimalkan penanganan rasa lapar di siang hari.

Bagi yang gemar makanan manis, tak ada salahnya pula mengonsumsi sepotong cokelat saat sahur untuk menjaga rasa lapar.

Namun yang paling utama merupakan air putih secukupnya. Imbangi makanan yang Anda konsumsi dengan asupan air putih yang cukup bagi tubuh.

Karena terkadang rasa lapar dapat disebabkan oleh tingkat energi yang rendah, dehidrasi maupun kelelahan akibat kekurangan cairan.

dari Berbagai Sumber

(tika/gur)

Komentar