aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ini Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Ibu Menyusui Menerapkan Pola Diet Vegan

Thursday, 16 May 2019 21:45:47 WIB | Rizki Adis Abeba
Ini Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Ibu Menyusui Menerapkan Pola Diet Vegan
Ibu menyusui (Deposit Photos)

TABLOIDBINTANG.COM - Meghan Markle dikenal sebagai seorang penganut gaya hidup sehat. Istri Pangeran Harry yang bergelar Duchess of Sussex itu mengklaim dirinya menjalani pola diet vegan atau hanya mengonsumsi makanan berbasis tumbuh-tumbuhan dan menghindari daging dan produk turunannya di hari kerja, dan makan bebas di akhir pekan.

Banyak yang bertanya-tanya, apakah Meghan Markle masih terus menjalani pola diet vegan setelah melahirkan bayi kerajaan, Archie Harrison Mountbatten-Windsor, buah pernikahannya dengan Pangeran Harry? Adakah efek yang dirasakan bayi jika mengonsumsi ASI dari ibu yang seorang vegan?

Vegan (Deposit Photos)
Vegan (Deposit Photos)

“Menjadi seorang vegan tidak memberikan risiko pada kesehatan. Pertanyaannya adalah apakah Anda mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat setiap hari,” kata Dr. Carrie Quinn, dokter anak dan direktur Pusat Parenting Rumah Sakit Mount Sinai, New York, AS.

Apa saja nutrisi yang diperlukan tubuh? Carrie Quinn menjabarkan, “Nutrisi-nutrisi tersebut termasuk B12, asam lemak, yang cenderung Anda dapatkan banyak dari ikan dan telur, kalsium dan Vitamin D. Kita juga mendapatkan banyak zat besi dari daging,” Kata Carrie Quinn.

Carrie Quinn membenarkan, memang ada sayuran hijau yang kaya akan zat besi, “Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda tidak termasuk pemilih makanan,” lanjut Carrie Quinn.

Carrie Quinn juga berhati-hati mengingatkan bahwa pada bayi yang baru lahir, nutrisi mereka sangat bergantung pada apa yang dimakan ibunya. “Entah apakah hanya ibunya yang menerapkan diet (vegan) tersebut, atau ibu dan bayinya, yang jelas kedua-duanya pasti sangat berpengaruh pada sang bayi,” Carrie Quinn memperingatkan.

Ini berarti jika Meghan Markle tetap menjalani pola diet berbasis tumbuh-tumbuhan, bayi Archie otomatis akan terpengaruh dengan pola diet yang dijalani tersebut. Yang perlu diingat pula, “Karena B12 tidak secara alami terkandung di dalam ASI, jika sang ibu vegan, maka kandungan B12 pada bayi otomatis akan sangat sedikit,” kata Carrie Quinn.

“Seorang ibu vegan harus sangat berhati-hati dan memastikan bahwa ia mengonsumsi suplemen yang dibutuhkan sehingga ASI yang diproduksi mempunyai nutrisi yang cukup untuk sang bayi,” tegas Carrie Quinn.

(riz / ray)

Komentar