aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Catatan Penting Bagi Penderita Maag untuk Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Tuesday, 30 April 2019 18:15:00 WIB | Christiya Dika Handayani
Catatan Penting Bagi Penderita Maag untuk Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu gangguan kesehatan yang kerap terjadi saat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah bau mulut.

Karena aroma tidak sedap ini, seringkali membuat seseorang tidak percaya diri untuk berinteraksi atau berbicara dengan orang lain.

Dokter spesialis gizi klinik, Jovita Amelia memamparkan beberapa penyebab bau mulut yang biasanya terjadi.

"Bau mulut itu bisa terjadi satu, karena gigi bolong. Yang kedua, bisa karena asam lambungnya tinggi, yang membuat baunya keluar. Yang ketiga, dehidrasi atau kekurangan cairan. Jadi, air ludah kering, lama kelamaan kental dan menjadi bau," ujar Jovita Amelia beberapa waktu lalu.

Tak hanya penyebab, Jovita Amelia juga memberikan tips untuk mengatasi masalah bau mulut. Menurut Jovita agar bau mulut tidak menyengat, maka harus memperhatikan makanan yang dimakan saat sahur.

x

(Depositphotos)
(Depositphotos)

"Jadi yang pertama diatasi itu, kalau bau mulut karena gigi bolong tentu harus konsultasi ke dokter gigi. Dua, untuk penderita asam lambung tinggi, hindari makanan-makanan yang meningkatkan asam lambung pada saat sahur, seperti minuman berkarbonasi, gorengan, kafein, itu dihindarin semuanya. Selain itu, makanan-makanan yang mengandung gas juga dihindari, seperti ubi dan kol," lanjut Jovita.

"Hindari junk food saat sahur. Permen, kopi dan telur juga kalau bisa tidak dikonsumsi pada saat sahur. Juga tidak mengkonsumsi makanan yang baunya menyengat seperti bawang-bawangan, jengkol dan petai," sambung Jovita.

Jovita Amelia juga menyarankan untuk minum air yang cukup yakni delapan gelas sehari, dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas setelah makan, dan dua gelas sebelum tidur.

"Jika dehidrasi, berarti harus minum yang cukup. Dua gelas saat sahur itu kan yang disarankan kalau lebih itu lebih baik," pungkas Jovita Amelia.

Lalu, pastikan untuk menyikat gigi dan lidah setelah sahur dengan cara yang benar. Gunakan pasta gigi yang cocok dan berkumur dengan obat kumur.

Komentar