aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Idealnya, Kapan Sebaiknya Mengonsumsi Suplemen Vitamin C Saat Puasa Ramadan?

Friday, 26 April 2019 11:30:31 WIB | Wayan Diananto
Idealnya, Kapan Sebaiknya Mengonsumsi Suplemen Vitamin C Saat Puasa Ramadan?
Dr. Suci mempresentasikan soal konsumsi suplemen vitamin selama puasa. (Foto: Wayan Diananto)

TABLOIDBINTANG.COM - Ramadan segera tiba. Perubahan cuaca yang tak menentu dan polusi akan menjadi tantangan tersendiri bagi umat Muslim yang hendak berpuasa. Konsumsi suplemen multivitamin bisa dijadikan salah satu solusi untuk menunjang daya tahan tubuh selama berpuasa. Pertanyaan yang kemudian muncul, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen ini? Hal itu terungkap dalam peluncuran kampanye #TegarHadapiRamadan bersama Redoxon Triple Action di Jakarta Selatan.

"Memang ada jenis suplemen yang dikonsumsi sebelum makan, tapi untuk suplemen vitamin C 1000 miligram sebaiknya saat makan atau sesudah makan. Mengapa? Karena vitamin dan mineral lebih mudah diserap tubuh jika menempel bersama makanan. Makanan menjadi semacam kendaraan buat vitamin dan mineral," urai Medical Advisor Bayer Indonesia, dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari, kepada tabloidbintang.com, pekan ini.

Selama Ramadan, konsumsi suplemen vitamin C sebaiknya dilakukan saat sahur. Di tengah makan nasi, sisipkan suplemen. Suci tidak menyarankan mengonsumsi vitamin C saat berbuka. Alasannya, saat berpuasa, perut kita kosong selama belasan jam. "Kalau tiba-tiba makan suplemen dengan kadar vitamin C tinggi, perut bisa kaget. Berbukalah dengan yang hangat dan manis alami agar badan beradaptasi menerima makanan sedikit demi sedikit," Suci menyambung.

Suci menambahkan, "Kalau tidak biasa makan banyak saat sahur Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin C jelang malam sebelum tidur. Itu boleh. Namun bagi sebagian orang, mengonsumsi vitamin 1000 miligram membuat mata melek, enggak bisa tidur, dan kembali berenergi. Khawatirnya, kalau diminta bangun jam 3 untuk sahur, malah susah bangunnya. Maka saya menyarankan konsumsi suplemen vitamin C saat sahur." 

Komentar