aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cegah Risiko Penyakit Jantung dengan Memantau Tekanan Darah Si Kecil Secara Berkala

Wednesday, 24 April 2019 23:30:23 WIB | Rizki Adis Abeba
Cegah Risiko Penyakit Jantung dengan Memantau Tekanan Darah Si Kecil Secara Berkala
Pemeriksaan tekanan darah secara rutin pada anak juga merupakan langkah preventif untuk menjaga kualitas kesehatan anak hingga dewasa. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Untuk mencegah semakin banyak orang dewasa yang terkena penyakit jantung, para ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan pencegahan dengan melakukan pengawasan kesehatan pada anak-anak terutama mereka yang mempunyai risiko terkena penyakit kardiovaskular atau penyakit yang berkaitan dengan kondisi kesehatan jantung.

Bagaimana cara mengetahui apakah seorang anak berpotensi mengalami penyakit kardiovaskular? Selain melihat riwayat kesehatan keluarga dan gaya hidup, studi terbaru di Amerika Serikat mengemukakan bahwa melakukan pengukuran tekanan darah secara teratur bisa membantu menetapkan indikator kemungkinan penyakit kardiovaskular pada anak di kemudian hari.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

“Berdasarkan hasil penelitian kami, pedoman ini cukup akurat dalam mengidentifikasi individu yang mengalami hipertensi ketika dewasa atau indikator risiko penyakit jantung lainnya,” kata Dr. Lydia A. Bazzano, profesor epidemiologi di Sekolah Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Tropis di New Orleans, AS, yang juga penulis senior di studi ini.

Selain membantu dokter untuk memprediksi kemungkinan anak mengalami penyakit kardiovaskular, menurut Lydia A. Bazzano pemeriksaan tekanan darah secara rutin pada anak juga merupakan langkah preventif untuk menjaga kualitas kesehatan anak hingga dewasa.

“Itu sebenarnya hal yang baik karena memungkinkan orang tua dan anak-anak untuk melakukan perubahan jika diperlukan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan mereka seumur hidup,” jelas Lydia A. Bazzano.

(riz/bin)

Komentar