aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cerita Natasha Rizky Merawat Kedua Putrinya Yang Mengidap Alergi

Saturday, 13 April 2019 05:30:31 WIB | Wayan Diananto
Cerita Natasha Rizky Merawat Kedua Putrinya Yang Mengidap Alergi
Natasha Rizky memiliki riwayat alergi. (Foto: Seno Susanto)

TABLOIDBINTANG.COM - Dari pernikahannya dengan Deddy Mahendra Desta, Natasha Rizky (25) dikaruniai 3 anak, yakni Megumi Arrawda Sachi, Miskha Arrawfa Najma, dan Miguel Arrawsya Janied. Natasha Rizky mengakui, membesarkan tiga anak tidak mudah apalagi, ia dan suami punya riwayat alergi. Besar kemungkinan Natasha Rizky dan Desta mewariskan bakat alergi itu ke anak-anak mereka. Si sulung, kata Natasha, alergi dingin. Hawa dingin termasuk dari pendingin ruangan membuatnya batuk.

Miskha diketahui alergi susu sapi. "Sebagai ibu harus tanggap alergi. Ada tiga langkah mudah, pertama, kenali dulu. Saya dan Desta mengenali diri sendiri adakah riwayat alergi. Desta alergi dingin, saya sinus. Waktu Miskha punya alergi susu sapi, kami mencermati apa penyebabnya. Setelah tiga kali minum susu sapi, tiga kali pula kulitnya kemerahan bahkan diare," beri tahu Natasha Rizky kepada tabloidbintang.com di Jakarta, pekan ini. 

Mengetahui kedua putrinya mengidap alergi, Natasha Rizky mencoba untuk tidak panik. Gampang panik dan buru-buru ke dokter juga bukan tindakan bijak mengingat kepanikan ibu dapat dirasakan oleh si kecil. Setelah 3 kali memberikan susu sapi dan kulit Miskha kemerahan, Natasha Rizky konsultasi ke dokter. Setelah itu, Natasha Rizky berupaya mengendalikan penyebab alergi dengan memberikan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang putrinya tetap optimal. 

Andai si bungsu mengidap alergi juga, Natasha Rizky sudah siap mental. Natasha menyampaikan itu saat menjadi narasumber kampanye #BundaTanggapAlergi dengan gerakan 3K bersama SariHusada. Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes. menjelaskan, alergi susu sapi terjadi akibat respons sistem imun yang tidak normal terhadap protein susu sapi (whey dan kasein). 

Suasana peluncuran kampanye Bunda Tanggap Alergi bersama SariHusada. (Foto: Wayan Diananto)
Suasana peluncuran kampanye Bunda Tanggap Alergi bersama SariHusada. (Foto: Wayan Diananto)

"Ini perlu menjadi perhatian karena susu salah satu sumber protein yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan kembangnya. Peran orang tua khususnya ibu sangat penting untuk mencegah dan menangani alergi, termasuk pemberian bahan pangan sumber gizi yang tepat," beber Budi. Brand Manager Allergy Care Sarihusada, Meutia Athaya, menambahkan kampanye #BundaTanggapAlergi mengajak para ibu mengenali gejala dan cara mengatasi risiko alergi pada si kecil sejak dini.

"Intinya 3K yakni, kenali risiko dan gejalanya, konsultasikan ke dokter agar si kecil mendapat penanganan tepat, dan kendalikan penyebab alergi dengan nutrisi yang tepat," imbuhnya. Natasha Rizky bercerita, Miskha diketahui alergi sejak usia setahun. "Tadi profesor Budi bilang, ke depan alergi itu bisa berubah. Itu memang benar. Sekarang, Miskha sudah bisa makan cokelat dan es krim berbasis susu sapi. Yang bungsu baru 4 bulan, jadi belum ketahuan alerginya apa," imbuhnya. 

Komentar