aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Dear Para Ibu, Selain Nutrisi, Si Kecil Membutuhkan 3 Hal ini.

Wednesday, 13 March 2019 01:30:31 WIB | Wayan Diananto
Dear Para Ibu, Selain Nutrisi, Si Kecil Membutuhkan 3 Hal ini.
Setiap anak melewati masa pertumbuhan. (Foto: Dok. Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Usai bersalin, para ibu memikirkan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama dan makanan pendamping ASI yang kaya gizi. Itu memang penting. Namun patut diingat, yang dibutuhkan si kecil bukan hanya makanan bergizi. Hal itu terungkap dalam Seminar Tumbuh Kembang Anak dalam rangka Ulang Tahun RSIA Kemang Medical Care Jakarta ke-10, pekan ini. Spesialis anak dr. Alinda Rubiati SpA(K) menjelaskan, selain asupan gizi, ada 3 hal penting yang harus dipenuhi ibu.

"Selain kebutuhan biologis (nutrisi), si kecil memiliki kebutuhan psikososial, emosional, dan stimulasi. Bayi yang mendapatkan kasih sayang berlimpah dari orang tua dan nutrisi baik akan mengalami pertumbuhan otak yang maksimal. Itu ditandai dengan padatnya sinaps-sinaps di otak. Jangan hanya memenuhi 4 kebutuhan ini pada 1.000 hari pertama, Bu. Ingat, yang disebut anak adalah usia sejak konsepsi hingga 18 tahun," ulas Alinda kepada tabloidbintang.com.

Mengapa 18 tahun? Karena ini adalah masa berakhirnya pertumbuhan tulang. Setelah 18 tahun anak tidak akan tumbuh lagi. Alinda kemudian menjabarkan dua faktor yang memengaruhi pertumbuhan anak yakni, eksternal dan internal. Faktor internal misalnya genetik dan kondisi ibu selama hamil. Misalnya anemia, mengidap penyakit tertentu, termasuk obat apa saja yang dikonsumsi ibu hamil sehingga memengaruhi pertumbuhan janin.

"Sedangkan perkembangan si kecil memiliki aspek yang lebih luas lagi tapi ada 4 yang paling penting, yakni perkembangan motorik halus, motorik kasar, psikososial, dan intelegensi. Pertumbuhan otak paling optimal sampai usia 3 tahun atau 1000 hari pertama kehidupan. Namun sebenarnya otak berkembang paling pesat dan optimal pada trimester ketiga kehamilan," beri tahu Alinda.

Suasana seminar tumbuh kembang di RSIA Kemang Medical Care Jakarta Selatan.
Suasana seminar tumbuh kembang di RSIA Kemang Medical Care Jakarta Selatan.

Seminar Tumbuh Kembang Anak dalam rangka Ulang Tahun RSIA Kemang Medical Care Jakarta ke-10 dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. Dalam kesempatan itu, Jusuf Kalla menyatakan anak Indonesia adalah generasi yang kreatif. Orang tua kerap tidak sadar bahwa anak melalui proses pertumbuhan dan itu dimulai sejak janin.

"Tentunya sejak janin hingga remaja diharapkan tumbuh cerdas, sehat, dan lincah. Salah satu visi Kemang Medical Care melahirkan bayi yang sehat agar kelak menjadi generasi berkualitas. Niat rumah sakit ini sejak awal membantu melahirkan bayi yang sehat. Fondasi generasi yang baik dimulai dari generasi yang sehat," Jusuf Kalla memaparkan.

Komentar