aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Seperti Apa Sesungguhnya Sarapan yang Ideal?

Sunday, 17 February 2019 10:00:45 WIB | Yuriantin
Seperti Apa Sesungguhnya Sarapan yang Ideal?
Sarapan sebaiknya dilakukan setengah jam sebelum beraktivitas. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Pertanyaan yang kemudian muncul, bagaimana membiasakan sarapan bagi mereka yang membutuhkan konsentrasi pada pagi hari?

Spesialis Gizi Klinis dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Asih Jakarta dan RSPI Bintaro Jaya, dr. Diana F. Suganda, M. Kes, SpGK menganjurkan segelas susu karena mengandung karbohidrat dan protein serta tidak menimbulkan efek kenyang berlebih.

Pilihan lain, seperti jus buah boleh dikonsumsi dengan tambahan protein misalnya dari telur. Mengingat, jus buah hanya mengandung karbohidrat dari fruktosa.

Sarapan sebaiknya dilakukan setengah jam sebelum beraktivitas. Setelahnya, bisa dilanjutkan dengan makan camilan pada pukul 9 pagi. Jadwal makan yang satu ini tidak wajib kecuali untuk penderita penyakit tertentu seperti diabetes. 

Untuk sarapan, idealnya mencakup gizi seimbang. Bila dirasa terlalu kenyang, Diana mengusulkan untuk memenuhi asupan karbohidrat dan protein lebih dulu.

“Baru nanti ketika mencamil atau pada jadwal makan berikutnya, bisa mengonsumsi buah untuk asupan vitamin dan mineral. Sekali lagi, yang penting total kebutuhan harian semua zat ini terpenuhi,” pungkas Diana.

(yuri / gur)
 

Komentar