aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Menu 4 Bintang Berbiaya Rendah

Saturday, 9 February 2019 17:00:00 WIB | Wayan Diananto
Menu 4 Bintang Berbiaya Rendah
Dr. Bernie Endyarni, Sp.A(K), MPH, menyatakan menu 4 bintang tidak harus mahal. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Spesialis anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Bernie Endyarni, Sp.A(K), MPH, menyatakan menu 4 bintang tidak harus mahal. Intinya bayi butuh protein sebagai zat pembangun, karbohidrat dan lemak sebagai biang energi, vitamin serta mineral sebagai zat pengatur metabolisme tubuh. 

 “Berikan si kecil hati ayam yang kaya protein dan zat besi. Anda berharap tumbuh kembang anak maksimal tapi asupan protein hewaninya kurang, bagaimana? Jangan pula ikut-ikutan ibu lain. Kalau kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk membeli ikan salmon jangan ragu melirik ikan kembung, tongkol, bahkan, teri yang komponen DHA-nya tidak kalah tinggi dari salmon. Kalau  budget sedang cekak banget, kan ada telur,” beber Bernie seraya menambahkan, “Kalau harga hati ayam mahal, ganti dengan bayam. Kandungan zat besinya juga tinggi.” 

Senada dengan Bernie, spesialis anak dari Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta, dr. Abdullah Reza, Sp.A menyebut kreativitas ibu dalam menyusun menu 4 bintang penting. Protein misalnya, tidak harus dari daging merah. Saat kantong sedang cekak, variasikan dengan protein nabati. 

   “Kalau saya dimintai rekomendasi menu 4 bintang berbiaya rendah tapi tinggi nilai gizi, saya jawab: nasi, telur, tempe, dan pisang. Sesimpel itu. Jangan lupa, sesuaikan teksturnya dengan usia si kecil,” Abdullah menyarankan.

(wyn / gur)
 

Komentar