aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Benarkah Menyusui Membuat Tubuh Langsing?

Friday, 1 February 2019 23:00:23 WIB | Yuriantin
Benarkah Menyusui Membuat Tubuh Langsing?
Ibu menyusui membakar kalori yang cukup banyak. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak ibu percaya aktivitas menyusui bisa menurunkan berat badan secara alami. Namun benarkah anggapan ini?

Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Diana F. Suganda, M.Kes., Sp. GK membenarkan hal tersebut. Diana mengungkapkan ibu menyusui membakar kalori yang cukup banyak.

"Ibu menyusui bisa menghasilkan 900 ml ASI artinya ibu mengeluarkan sekitar 800 kalori. Jumlah kalori yang setara dengan olahraga di atas treadmill selama 3-4 jam," ucap Diana dalam konferensi pers Teman Bumil X Tokopedia bertemakan 'Cara Mudah Jadi Millennial Mums yang Peduli Nutrisi' pada Kamis (31/1) di Jakarta.

Menyusui bisa membakar kalori yang banyak. (Depositphotos)
Menyusui bisa membakar kalori yang banyak. (Depositphotos)

Menurut Diana, maka tak heran jika berat badan ibu turun kala menyusui. Diana menyebutkan para ibu harus menambah sekitar 600-700 kalori ketika menyusui.

"Tubuh ibu bisa langsung alami dengan menyusui karena tidak ada surplus kalori di tubuh," imbuh dia.

Namun Diana mengingatkan para ibu untuk memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. "Karena ada yang mikir selama menyusui boleh makan apa saja dan tidak menjaga makanan. Akhirnya, berat badan ibu justru naik selama menyusui. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya tinggi protein dan mengurangi makan berkalori serta mengandung gula," pungkas Diana.

(yuri/bin)

Komentar