aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Penting, Memilih Olahraga Sesuai dengan Aktivitas yang Anda Suka

Monday, 28 January 2019 21:20:47 WIB | Vallesca Souisa
Penting, Memilih Olahraga Sesuai dengan Aktivitas yang Anda Suka
Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Jika Anda berolahraga di sasana atau pusat kebugaran dan menyewa jasa  pelatih,  mereka  merancang  program khusus yang terdiri dari kombinasi latihan kardio dan latihan beban—memastikan semua otot tubuh dari atas hingga bawah bergerak—sehingga  target penurunan berat badan terarah dan relatif cepat. 

Bukan berarti tanpa jasa pelatih Anda tak bisa berolahraga sendiri dengan maksimal. Semua kembali lagi kepada kedisiplinan.

Bagi pemula, Dr. Alia Basalamah, National Fitness and Training Manager Fitness First Indonesia, menyarankan, sebaiknya memilih latihan atau olahraga sesuai dengan aktivitas yang Anda sukai.

“Ini penting agar kita dapat mempertahankan kebiasaan berolahraga dan akhirnya menjadi gaya hidup kita. Ingat, tubuh kita dirancang dengan tujuan. Jadi, apa pun olahraganya, pasti mempunyai manfaat yang positif, selama dilakukan dengan benar,” jelas Alia. 

Dok. tabloidbintang.com
Dok. tabloidbintang.com

Ia memberi gambaran, untuk seseorang dengan berat tubuh 60 kg misalnya, latihan beban selama 1 jam dapat membakar 360-400 kalori. Ini juga dipengaruhi metode latihan beban yang diterapkan dan intensitasnya.

“Namun misalnya Anda suka berenang, maka berenanglah. Seseorang dengan bobot tubuh yang sama, berenang nonstop selama 1 jam, dapat membakar lebih dari 400 kalori. Hasil yang sama didapat, ketika Anda berjalan menanjak.”  

 Atau Anda bisa melakukan hal yang paling mudah, yakni berjalan kaki. Setidaknya, berjalan kaki santai selama 1 jam (untuk bobot tubuh 60 kg) dapat membakar 200 kalori. “Apa pun aktivitas fisiknya, selama dilakukan dengan rutin dan teratur, hasilnya akan maksimal,” ungkap Alia. 

(val / gur)

Komentar