aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kerap Dituding Penyebab Kegemukan, Ternyata Ini 5 Manfaat Penting Lemak

Saturday, 24 November 2018 07:30:31 WIB | Wayan Diananto
Kerap Dituding Penyebab Kegemukan, Ternyata Ini 5 Manfaat Penting Lemak
Lemak kerap dituding sebagai penyebab obesitas. (Foto: Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Lemak kerap dituding sebagai biang keladi kegemukan. Karenanya, kaum hawa ramai-ramai diet ketat demi mengikis lemak. Sebenarnya lemak ada manfaatnya dan tidak selalu identik dengan merusak bentuk tubuh. Hal itu diungkap Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit YPK Mandiri Jakarta, Silvia Anita, S.Gz, dalam wawancara empat mata dengan tabloidbintang.com di Jakarta, pekan ini. Silvia membeberkan sejumlah manfaat lemak untuk tubuh.

"Pertama, lemak sumber kalori tertinggi, bukan karbohidrat. Satu gram lemak menghasilkan 9 kalori, sementara karbohidrat hanya 4 kalori. Kalori merupakan energi yang dibutuhkan manusia untuk beraktivitas sehari-hari. Kedua, lemak membantu tubuh menyerap vitamin A, D, E, dan K. Itu sebabnya, 4 vitamin ini disebut larut lemak," terang dia.

Ketiga, lemak mendukung produksi hormon di dalam tubuh. Misalnya, hormon reproduksi dibentuk tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakarnya. Demikian pula, sistem kekebalan tubuh. Keempat, lemak menjaga kesehatan kulit. Di dalam kulit kita, kata Silvia, terdapat lapisan bantalan lemak. Itu sebabnya orang yang kurus tidak tahan dingin. Kekurangan lemak membuat kulit Anda tampak kering dan kusam. Itu karena nyaris tidak ada bantalan lemak di lapisan permukaan kulit.

"Kelima, lemak mendukung kinerja sejumlah organ vital seperti ginjal, hati, jantung, dan usus. Lemak dalam porsi normal melapisi bagian dalam organ vital itu sehingga terhindar dari benturan maupun cedera," pungkas Silvia.

Komentar