aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Cara Agar Tidur Siang Menjadi Berkualitas (2 – selesai)

Tuesday, 20 November 2018 23:59:16 WIB | Rizki Adis Abeba
Cara Agar Tidur Siang Menjadi Berkualitas (2 – selesai)
Cara Agar Tidur Siang Menjadi Berkualitas (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Philip Gehrman, Ph.D., asisten profesor psikologi Universitas Pennsylvania, AS, mengungkapkan tidur siang berkualitas sangat efektif menghilangkan rasa kantuk sehingga meningkatkan performa kerja, produktivitas, kreativitas, daya ingat, dan suasana hati.

Tidur siang yang berkualitas juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Namun apakah Anda sudah tahu tidur siang seperti apa yang akan membawa banyak manfaat?

Cari Tempat yang Nyaman

Beberapa orang mengatakan sengaja tidur siang dengan posisi duduk atau di tempat yang cahayanya terang untuk mencegah tidur terlalu lama. Kenyataannya tidur dalam kondisi tidak nyaman membuat tubuh Anda tidak benar-benar beristirahat. Selain itu Anda juga akan lebih sulit masuk ke fase tidur pulas. Karenanya, sama seperti halnya tidur malam, Gehrman menyarankan agar Anda mencari tempat yang nyaman dan bercahaya redup untuk tidur siang. 

Jangan Paksakan Diri

Namun ada satu fakta lain, tidak semua orang bisa menikmati tidur siang. Faktanya, dalam penelitian yang dilakukan oleh Mednick, ada 50 persen orang tidak bisa mendapatkan manfaat dari tidur siang dalam hal kewaspadaan dan produktivitas. Orang-orang ini adalah mereka yang memiliki ritme sirkadian monophasic, atau pola tidur satu kali dalam sehari. Kabar baiknya, orang-orang yang  tidak bisa menikmati tidur siang berarti sudah mendapatkan istirahat yang berkualitas di malam hari.

selesai

(riz / gur)

Komentar