aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

6 Gerakan Memperkuat Otot Panggul (Bagian - 2)

Tuesday, 11 September 2018 18:00:26 WIB | Yuriantin
6 Gerakan Memperkuat Otot Panggul (Bagian - 2)
6 Gerakan Memperkuat Otot Panggul (dok. PopSUgar)

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah melahirkan dan seiring bertambahnya usia, otot panggul wanita melemah. Padahal, otot panggul berfungsi menyangga kandung kemih, usus besar, hingga rahim. Otot panggul yang kuat juga mengurangi rasa sakit pada panggul dan bisa meningkatkan kepuasan hubungan intim. Untuk melatih otot panggul, lakukan 6 gerakan berikut secara rutin.

Bow pose
Bow pose memperkuat seluruh otot punggung belakang, termasuk pula otot panggul. Mulai dari posisi tidur telungkup. Rapatkan kedua kaki dan tekuk lutut ke atas. Angkat kedua tangan hingga memegang pergelangan kaki. Kemudian angkat kepala, dada, dan paha hingga menyerupai busur. Tahan posisi ini selama 20-30 detik dan kembali ke posisi semula. Anda bisa mengulanginya sekali atau dua kali.

Split tabletop

6 Gerakan Memperkuat Otot Panggul (dok. healthline)
6 Gerakan Memperkuat Otot Panggul (dok. healthline)

Gerakan dasar dari banyak gerakan pilates ini menyasar otot pinggul dan panggul. Cara melakukannya, mulai dari tidur telentang. Angkat dan tekuk lutut hingga betis sejajar dengan lantai. Posisikan lutut di atas pinggul. Rapatkan kaki sampai kedua kaki saling bersentuhan. Secara perlahan, buka kaki hingga jarak yang nyaman. Tahan posisi selama beberapa detik lalu kembali ke posisi semula. Ulangi sampai 30 kali.

Goddess pose

6 Gerakan Memperkuat Otot Panggul (dok. PopSUgar)
6 Gerakan Memperkuat Otot Panggul (dok. PopSUgar)

Gerakan ini memperkuat seluruh otot tangan dan kaki termasuk otot panggul. Berdiri tegak dan buka kaki sedikit lebih lebar dibanding bahu. Posisikan telapak kaki menghadap ke luar dan lutut tepat di atas telapak kaki. Tekuk lutut dan turunkan bokong hingga paha sejajar dengan lantai. Kemudian rentangkan kedua tangan ke atas dan tekuk kedua siku hingga membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas.

(yuri/ray)

Komentar