aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Awas, Zat Kimia Pada Plastik Tempat Makan Bisa Bermigrasi ke Tubuh Si Kecil

Saturday, 8 September 2018 04:30:31 WIB | Wayan Diananto
Awas, Zat Kimia Pada Plastik Tempat Makan Bisa Bermigrasi ke Tubuh Si Kecil
Suasana gelar wicara bertema plastik sebagai materi tempat makan dan botol minum. (Foto: Wayan Diananto)

TABLOIDBINTANG.COM - Bu, kita sering menggunakan wadah plastik sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman. Botol minum, kotak makan, botol plastik air mineral, gelas plastik, dan susu botol menjadi bagian hidup sehari-hari. Patut diingat, wadah berbahan plastik mengandung materi berbahaya yang bisa jadi berdampak buruk bagi kesehatan buah hati Anda. Zat-zat kimia yang tersimpan dalam plastik berpotensi mengganggu sistem saraf motorik si kecil.

Hal tersebut terungkap dalam peluncuran program "Thermos Back to School" bersama PT Thermos Indonesia Trading di Jakarta, belum lama ini. Materi plastik terdiri berbagai zat kimia (monomer). Kontak antara plastik dan makanan bisa memicu perpindahan zat kimia dari wadah ke makanan. Perpindahan itu terjadi akibat pengaruh suhu panas makanan, penyimpanan, atau cara mengolah. Makin tinggi suhu, makin tinggi kemungkinan terjadi migrasi zat kimia lalu disantap oleh si kecil.

Pakar Psikolog Anak, Efriyani Djuwita, mengingatkan, orang tua harus lebih waspada saat memilih wadah buat menyimpan makanan dan minuman untuk anak-anak. "Saya anjurkan tidak memakai wadah berbahan plastik karena potensi bahaya zat kimia. Jika terjadi migrasi zat kimia, dalam jangka panjang memicu gangguan konsentrasi anak, kemampuan belajar menurun, pertumbuhan fisik melambat, hingga gangguan kesehatan berupa kanker," urai Efriyani kepada tabloidbintang.com.

Thermos Indonesia mendukung imbauan itu dengan mengajak orang tua beralih ke materi stainless steel yang lebih terjamin keamanannya. Materi stainless steel tidak mengandung zat kimia seperti BPA yang terkandung dalam plastik. Stainless steel lebih ramah lingkungan dan didesain untuk tidak memberikan tempat bagi jamur dan bakteri bersarang.

Marketing Manager PT Thermos Indonesia, Andriani Melissa, menambahkan, "Produk Thermos memiliki berbagai varian yang didedikasikan untuk kesehatan semua kalangan. Ini sesuai dengan tagline kami: your everyday companion."

Komentar