aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Sayur dan Buah yang Baik untuk Kesehatan Organ Tubuh (1)

Sunday, 9 September 2018 03:30:00 WIB | Agestia Jatilarasati
Sayur dan Buah yang Baik untuk Kesehatan Organ Tubuh (1)
Sayur dan Buah yang Baik untuk Kesehatan Organ Tubuh (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sayur dan buah dikenal baik untuk tubuh. Sayangnya masih banyak orang yang malas makan sayur dan buah dengan pelbagai alasan.

Padahal, sejumlah sayur dan buah memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan organ tubuh seperti jantung, lever, dan ginjal. Apa saja?

Jantung

Kesehatan jantung berkaitan dengan tekanan darah dan kolestrol. Jika Anda punya masalah tekanan darah tinggi dan kolestrol, ada baiknya Anda mulai beralih mengonsumsi sejumlah buah maupun sayur untuk mengontrol tekanan darah serta kolestrol. 

Ahli gizi dari Universitas Vermont, AS, Rachel Johnson, PhD, RD, mengatakan selain ikan salmon, buah, sayur, dan kacang-kacangan baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang kenari, buncis, cokelat pekat, dan avokad sangat direkomendasikan. Rachel menyebut mengonsumsi 5 ons kacang kenari setiap minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga dua kali lipat. 

“Kacang kenari memiliki banyak lemak baik. Ketika Anda mengganti lemak jenuh seperti mentega dengan lemak tak jenuh seperti kenari, almon, kacang mede, dan avokad, maka Anda telah memangkas kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Buncis, terung, okra, apel, dan pir dikenal sebagai sumber serat larut yang dapat menurunkan LDL. Sementara cokelat pekat kaya akan flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah, mencegah pembekuan darah, serta bertindak sebagai antioksidan yang mencegah LDL menempel di dinding arteri Anda,” Rachel membeberkan.

bersambung

(ages / gur)

Komentar