aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Anak Didiagnosa Leukemia, Ini Rangkaian Proses Pengobatan yang Biasa Dilakukan

Wednesday, 18 July 2018 15:30:00 WIB | Wida Kriswanti
Anak Didiagnosa Leukemia, Ini Rangkaian Proses Pengobatan yang Biasa Dilakukan
Anak Didiagnosa Leukemia, Ini Rangkaian Proses Pengobatan yang Biasa Dilakukan (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sambil terisak Denada mengisahkan serangkaian proses pengobatan yang harus dijalani putrinya, Shakira Aurum, yang didiagnosa leukemia. Putri satu - satunya dari mantan suami Jerry Aurum itu, seperti dituturkan Denada dalam sebuah sesi wawancara Rumpi, Senin (16/7), harus berkali - kali ditusuk jarum, diberi banyak obat, bahkan dimasukkan alat ke dalam tubuh kecilnya. 

"Tusuk sini-sana ambil darah nggak bisa, angkat lagi, tusuk lagi, dikasih obat tidur, dipasangkan alat yang langsung masuk pembuluh darah utamanya, dikasih sedatif, dikasih general anastesi, dan dia nggak tahu ini kenapa," tutur Denada.

Belum ditambah dengan prosedur kemoterapi sebagai teknik pengobatan yang biasa diberikan kepada penderita kanker. Seperti dilansir American Cancer Society melalui situsnya Cancer.org, bahwa kemoterapi untuk leukemia pada anak - anak bahkan menjadi pengobatan utama untuk mendapatkan kesembuhan. Untuk sebagian anak - anak dengan risiko leukemia yang lebih tinggi, kemoterapi dosis tinggi mungkin juga diberikan bersamaan dengan transplantasi stem cell.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Pengobatan lainnya yang harus dijalani pasien dengan leukemia, yaitu pemberian obat - obatan khusus, imunoterapi, operasi, dan terapi radiasi mungkin diberikan juga untuk kasus khusus.

Pengobatan untuk anak dengan leukemia yang lebih akut, seperti lymphocytic and myeloid, bahkan bisa sangat intensif. Maka menjadi penting bagi orang tua untuk benar - benar memilih tempat pengobatan dengan para spesialis yang memahami betul pengobatan leukemia pada anak, untuk meminimalkan risiko atau efek samping dari pengobatan di kemudian hari. Proses diskusi untuk menentukan pengobatan yang terbaik juga penting dilakukan dengan orang - orang yang kompeten.

Tahapan diskusi dapat segera dilakukan setelah anak pertama kali terdiagnosa leukemia dan diketahui tipenya setelah melalui beberapa tes. Karena faktor utama untuk memilih pengobatan yang tepat adalah dengan  mengetahui terlebih dulu tipe dari leukemia yang diderita.

(wida / wida)

Komentar