aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mengenal Graves, Salah Satu Penyebab Hipertiroidisme yang Menyerang Jet Li

Tuesday, 12 June 2018 01:30:31 WIB | Wayan Diananto
Mengenal Graves, Salah Satu Penyebab Hipertiroidisme yang Menyerang Jet Li
Mengenal Graves, salah satu penyebab hipertiroidisme yang menyerang Jet Li. (Foto: Dok. Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Hipertiroidisme mencuat di dunia kesehatan setelah penyakit ini menyerang aktor laga Jet Li. Hipertiroidisme adalah kondisi dimana produksi T3 (triiodotironin) dan T4 (tiroksin) oleh kelenjar tiroid berlebihan hingga gagal dikontrol dengan mekanisme alami tubuh. Banyak faktor yang membuat kelenjar tiroid berfungsi di luar kewajaran.

Spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Hermina Kemayoran Jakarta, dr. Erik Rohmando Purba, SpPD menjelaskan, "Salah satunya, graves yang berhubungan dengan autoimun, yakni ada sistem kekebalan tubuh yang menempel di kelenjar tiroid sehingga terus merangsang produksi T3 dan T4 tanpa memedulikan instruksi dari otak. Ada pula goiter toksik yang membuat kelenjar tiroid bengkak, tumor, hingga peradangan akibat virus."

Penyebab lain, terlalu banyak makan menu yang mengandung iodium mengingat iodium merupakan bahan baku pembentuk tiroid. Erik menyarankan pasien hipertiroidisme menjalani pemeriksaan fisik. Biasanya, dari pemeriksaan fisik kita melihat leher pasien membengkak. Namun Erik mengingatkan leher bengkak jangan langsung disebut hipertiroidisme. Karena faktanya, ada juga yang lehernya bengkak dan awam menyebutnya gondokan.

"Ini berbeda dengan gondokan yang sering kita jumpai pada masyarakat di pegunungan. Kalau leher bengkak semacam itu namanya gaki atau gangguan akibat kekurangan iodium alias hipotiroid. Hipotiroid itu gejalanya pasien lemas dan malas-malasan, denyut nadi melambat, bahkan dalam kondisi akut ia bisa dilarikan ke rumah sakit akibat denyut nadi nyaris tak terdeteksi," beri tahu Erik dalam wawancara empat mata dengan tabloidbintang.com di Jakarta, belum lama ini.

Komentar