aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ini Waktu Paling Tepat untuk Mengonsumsi Obat Maag Saat Puasa Ramadhan

Friday, 18 May 2018 22:10:00 WIB | Christiya Dika Handayani
Ini Waktu Paling Tepat untuk Mengonsumsi Obat Maag Saat Puasa Ramadhan
Ini Waktu Paling Tepat untuk Mengonsumsi Obat Maag Saat Puasa Ramadhan (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Puasa Ramadhan memberi tantangan lebih bagi para pengidap maag. Hal ini dikarenakan rentang jam makan yang menjadi jauh lebih panjang dari hari biasa.

Selain mereka yang memang sudah mengidap maag, banyak juga orang mengalami serangan maag dadakan karena perut yang kosong terlalu lama rentan memicu naiknya asam lambung.

Lantas bagaimana jika pengidap maag tetap ingin puasanya lancar? Menjawab pertanyaan ini, dr. Rospita Dian, Head of Medical Affairs, Johnson & Johnson Indonesia yang ditemui di acara peluncuran kampanye Makan Bijak bersama Mylanta di kawasan Kota Kasablanka, memberikan penjelasan.

Menurutnya, untuk mengantisipasi terjadinya gejala penyakit maag seperti perut kembung dan perih di ulu hati bisa dilakukan dengan makan secara bijak yakni menerapkan pola makan sehat dan porsi yang tidak berlebihan.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

"Selama memungkinkan, maka harus melakukan ibadah tersebut. Lalu bagaimana caranya? Kita bisa mengantisipasi. Kalau kita punya penyakit maag, kita terapkan prinsip makan secara bijaksana. Makan sesuai porsinya dan tidak mengubah pola makan kita secara drastis dari biasanya. Maka saya rasa tidak ada dampak yang relatif signifikan terhadap kesehatan," ujar Rospita.

"Tapi kalau kita punya riwayat sakit maag yang cukup berat, kita harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum puasa. Apakah ada perubahan dalam dosis atau misalnya ada indikasi kita harus melakukan tindakan tertentu sebelum kita berpuasa. Tapi kalau sakit maag belum cukup berat yang pertama dilakukan, kita harus mempersiapkan obat-obatan tertentu dan pastikan itu selalu ada," lanjutnya.

Mengenai aturan minumnya, Rospita menyebut untuk meminum obat maag sebanyak 3-4 kali sehari, walau saat puasa Ramadhan. 

"Bisa diatur jamnya, baik dilakukan sebelum tidur dan sebelum makan sahur," pungkas Rospita.

(dika / wida)

Komentar