aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Mengenal EGF, Kandungan dalam Kulit yang Bisa Membuat Awet Muda

Wednesday, 18 April 2018 23:10:00 WIB | Andira Putri
Mengenal EGF, Kandungan dalam Kulit yang Bisa Membuat Awet Muda
Mengenal EGF, Kandungan dalam Kulit yang Bisa Membuat Awet Muda (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Ada berbagai macam cara untuk menjaga keindahan kulit. Salah satunya lewat kandungan Epidermal Growth Factor (EGF) yang sudah hadir dalam tubuh manusia.

Berdasarkan penjelasan dr. Inneke Jane Hidayat, EGF merupakan faktor utama bagi sel kulit untuk tumbuh. Keberadaannya bisa ditemukan di cairan tubuh manusia. Contohnya adalah air mata, air liur, dan ASI.

EGF memiliki beragam fungsi meliputi segi kecantikan hingga kesehatan. Pertama, EGF bisa mempercepat regenerasi kulit.

"Kulit manusia regenerasi 28 hari sekali. Kalau nggak, kulit seseorang bakal kusam. EGF ini bisa membantu regenerasi," tutur dr. Inneke Jane Hidayat pada peluncuran produk salon Orlymiin di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat pada Selasa (17/4).

Kemudian EGF berfungsi untuk mengobati bekas luka. Ini karena EGF bisa membantu penambahan sel kulit sekaligus penghambatan pigmen.

dr. Inneke Jane Hidayat (Dira / Tabloidbintang.com)
dr. Inneke Jane Hidayat (Dira / Tabloidbintang.com)

"Kalau ada luka, EGF akan merangsang sel kulit bertambah banyak dan saling mendekat. Jadi lukanya segera tertutup. Kalau kulitnya gelap, nanti bekasnya jadi hitam. Ternyata EGF menghambat pembentukan pigmen pada kulit," terang dr. Inneke Jane Hidayat.

EGF juga memberikan nutrisi dan melembabkan kulit. Terakhir, EGF Ikut membantu pertumbuhan kolagen. Ini bisa mencegah kerutan di wajah.

"EGF merangsang pertumbuhan kolagen jadi kerutan berkurang. Kolagen juga berfungsi untuk kekenyalan kulit," kata dr. Inneke Jane Hidayat.

EGF memang sudah ada dalam tubuh manusia. Meski begitu, kandungannya bisa pudar seiring dengan bertambahnya umur seseorang. "Saat berusia 29 tahun, EGF turun drastis. Usia kepala 3 kulit lebih kusam terus cepat flek karena sinar matahari," ujar dr. Inneke Jane Hidayat.

Karena itu, Anda dianjurkan untuk memakai produk seperti krim dengan kandungan EGF jika sudah berusia lebih lanjut.

(dira / wida)

Komentar