aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kulit Wajah Cerah dan Kencang dengan Pola Makan Sehat

Saturday, 7 April 2018 18:00:57 WIB | Vallesca Souisa
Kulit Wajah Cerah dan Kencang dengan Pola Makan Sehat
Kulit Wajah Cerah dan Kencang dengan Pola Makan Sehat (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Siapa tidak mendambakan kulit wajah cerah dan kencang? Karena itulah, mulailah memperhatikan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Kecantikan kulit tak hanya bersandar pada perawatan berteknologi canggih. Berbagai macam vitamin, termasuk vitamin C yang menjadi primadona, berperan penting bagi keindahan kulit wajah.

Dr. Agnes Riyanti Inge Permadhi, Sp.GK, dokter spesialis gizi dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta Selatan, berbagi jenis makanan apa saja yang kaya vitamin C dan baik bagi kecantikan.

Dr. Agnes Riyanti Inge Permadhi, Sp.GK
Dr. Agnes Riyanti Inge Permadhi, Sp.GK

Radikal bebas dari polusi udara, asap rokok, dan paparan sinar matahari tanpa disadari merusak sel-sel dan jaringan tubuh dalam jangka waktu tertentu. Ini melemahkan daya tahan tubuh.  Kulit menjadi kering, kusam, dan membuat kita terlihat lebih tua daripada usia sesungguhnya. 

Salah satu cara menangkal radikal bebas adalah dengan mengonsumsi vitamin C karena mengandung antioksidan, yakni senyawa yang melindungi sel-sel tubuh kita dari efek radikal bebas.

“Antioksidan paling baik kita dapatkan dari sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Saat kita mengonsumsi makanan bergizi tinggi, tubuh sehat. Saat tubuh sehat, kulit akan terlihat indah,” terang dokter spesialis gizi yang akrab disapa Inge ini. 

Salah satu sayur yang kaya antioksidan adalah brokoli. “Makanlah seperti orang zaman dulu makan. Tidak terlalu banyak diolah, tidak menggunakan banyak bumbu, sehingga vitamin bisa Anda serap sepenuhnya,” saran Inge. 

Untuk buah, Anda bisa memilih kiwi, stroberi, jambu biji, jeruk, tomat, apel, pir, atau pepaya.

“Untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan antioksidan, kita perlu mengonsumsi buah-buahan pagi, siang, dan malam mengikuti jam makan. Di sela-sela antara jam makan pagi dan siang serta jam makan siang dan malam, sebaiknya juga mengonsumsi buah,” jelas Inge. 

Selain itu bagi yang suka mengudap, gantilah dengan buah-buahan atau kacang-kacangan yang mengandung antioksidan seperti kacang kedelai, kenari, atau almon.

“Intinya, jalankan pola makan sehat, jika menginginkan kulit wajah yang segar, cerah, dan kencang,” ungkap Inge. 

(val / gur)

Komentar