aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Kulit Wajah Berjerawat di Masa Pubertas, Ini Saran Ahli

Wednesday, 28 March 2018 00:15:19 WIB | Romauli Gultom
Kulit Wajah Berjerawat di Masa Pubertas, Ini Saran Ahli
Agar kesehatan kulit terjaga dibutuhkan perawatan kulit yang benar.

TABLOIDBINTANG.COM - Perubahan hormonal pada anak muda usia di bawah 25 tahun memang wajar terjadi. Di masa pubertas ini, masalah kulit wajah seringkali terjadi seperti kulit berminyak, jerawat hingga berpori besar.

Selain faktor hormonal, rupanya beberapa kebiasaan lain menjadi pemicu masalah pada kulit wajah. Sebut saja mereka senang mencoba-coba beragam make up dan perawatan wajah, sering berganti merek dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Menurut dermatologis sekaligus R&D Research Scientist II Amway Beauty Innovation Center, Jenny Lee, ada empat faktor utama kulit yang menyebabkan timbulnya jerawat.

"Jerawat timbul karena produksi minyak berlebih (dipicu faktor hormonal), sel kulit mati, proliferasi bakteri, inflamasi seperti bintik hitam, bengkak, gatal atau kemerahan," jelas Jenny Lee di sela peluncuran Essentials by Artistry di Jakarta, belum lama ini.

Untuk itu, Jenny menyarankan agar kesehatan kulit terjaga dibutuhkan perawatan kulit yang benar. Terutama ritual membersihkan wajah lebih dari sekedar mencucinya.

"Kulit yang terkena kotoran, make up, keringat, dan polutan dari lingkungan sekitar harus dibersihkan setiap hari dengan menggunakan pembersih yang lembut," pungkasnya.

Guna menjawab kebutuhan perawatan kulit usia muda, Amway memperkenalkan produk perawatan kulit Essentials by Artistry yang ditujukan untuk kaum laki-laki dan perempuan.

"Perawatan wajah ini memiliki kandungan bahan alami, dapat digunakan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif," papar Dharmaparayana Sthirabudhi, Head of Marketing Amway Indonesia.

Lebih lanjut, Jenny Lee menjelaskan sebaiknya anak muda pilih perawatan kulit sesuai jenis kulit. Misal kulit berminyak gunakan pembersih wajah yang non-comedogenic.

Sementara kulit kombinasi lebih nyaman menggunakan produk dengan tekstur lotion atau gel. Dan kulit sensitif, gunakan produk yang tertera "suitable for sensitive skin dan allergy test yang cocok untuk mereka berkulit sensitif.

Meskipun kulit berminyak, bukan berarti harus menghindari pelembab.

"Semua jenis kulit butuh air, karena pelembab untuk kulit berminyak bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar air dan minyak. Sebaiknya pilih  yang bebas minyak dan bertekstur ringan," jelas Jenny Lee.

(uli / gur)

Komentar