aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Muncul Iritasi yang Disebabkan Salah Kosmetik, Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Friday, 9 February 2018 23:00:00 WIB | Yuriantin
Muncul Iritasi yang Disebabkan Salah Kosmetik, Ini Cara Ampuh Mengatasinya
Iritasi pada kulit wajah sangat mengganggu (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah mencoba produk kecantikan, timbul bintil atau kemerahan pada kulit yang terkadang diikuti rasa sakit dan kulit kering. Kondisi ini biasa kita sebut sebagai iritasi.

Menurut dokter kulit Joshua Zeichner dari Mount Sinai Hospital, New York, faktor genetik menyebabkan sebagian orang mengalami iritasi. Sedangkan yang lainnya bisa menoleransinya.

"Kandungan zat yang lebih tinggi, memakai dalam jumlah yang banyak dan frekuensi pemakaian yang lebih sering juga bisa meningkatkan risiko terjadinya reaksi pada kulit," papar Joshua seperti dilansir dari laman Instyle.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Untuk mencegah iritasi, Joshua anjurkan mengoleskan pelembap untuk menghidrasi kulit. "Carilah pelembap yang mengandung zat yang bisa memperbaiki kulit seperti ceramide dan colloidal oatmeal," imbuhnya.

Selain pelembap, gunakan pula pembersih ringan yang ampuh membersihkan kotoran dan minyak, sekaligus melembapkan kulit. "Membersihkan wajah dengan pembersih yang keras berpotensi mengangkat minyak baik kulit dan justru merusak pertahanan kulit hingga meningkatkan risiko iritasi kulit," pungkas Joshua.

Cara lain mencegah iritasi dengan mencari kandungan produk yang lebih rendah, mengurangi kuantitas pemakaian, dan gunakan produk dua hari sekali.

(yuri / wida)

Komentar